Menang Pulitzer, Penjualan Album "DAMN." Kendrick Lamar Meningkat 236 Persen

Agustinus Shindu Alpito    •    27 April 2018 12:46 WIB
musik internasional
Menang Pulitzer, Penjualan Album
Sampul album DAMN. (Foto: BusinessInsider)

Jakarta: Album DAMN. dari musisi hip-hop Kendrick Lamar baru saja dinobatkan meraih penghargaan Pulitzer, pada 16 April lalu. Hal itu berdampak pada penjualan album DAMN. di pasaran.

Seperti dilansir dari Billboard, Nielsen Music mencatat bahwa album DAMN. terjual 11 ribu kopi pada akhir pekan, 19 April 2018. Empat hari setelah pengumuman Pulitzer. Total album itu terjual sebanyak 1,1 juta kopi sejak dirilis 14 April 2017.

Tidak hanya penjualan fisik yang meningkat, penjualan per-singel dan streaming juga meningkat pesat. 11 ribu lagu dari album DAMN. dalam format digital berhasil terjual, meningkat 29 persen dari pekan sebelum penghargaan Pulitzer diumumkan. Dari segi streaming, terjadi peningkatan sebanyak 25 persen, dari 21,6 juta menjadi 26,9 juta.

DAMN. merupakan album pertama dari luar genre klasik dan jazz yang mampu memenangkan Pulitzer, sejak ajang penghargaan ini diadakan pada 1943.

DAMN. bisa dibilang meneruskan kejayaan album To Pimp A Butterfly (2015), album DAMN. berhasil meraih empat trofi Grammy Awards 2018, yaitu pada kategori Album Rap Terbaik, Lagu Rap Terbaik (HUMBLE.), Penampilan Rap Terbaik (HUMBLE.) dan Kolaborasi Rap/Penyanyi Terbaik (Loyalty).

 


(ASA)