Maumere Jazz Festival, Paduan Musik dan Alam Eksotis

Agustinus Shindu Alpito    •    05 Oktober 2016 20:00 WIB
festival jazz
Maumere Jazz Festival, Paduan Musik dan Alam Eksotis
Jumpa pers Maumere Jazz Fiesta Flores (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa tahun terakhir, festival musik jazz merasuk ke berbagai daerah, melebur dengan kultur dan alam setempat. Musik jazz menjelma menjadi salah satu strategi untuk mendongkrak kearifan lokal, sekaligus memancing minat wisatawan untuk datang ke suatu daerah.

Lepas dari tendensi festival-festival musik jazz yang ada, semarak dan keberagaman pesta musik patut dirayakan.

Tidak hanya di pulau Jawa, semarak pesta jazz juga merasuk ke tanah Flores. Kali ini, terwujud dalam festival bertajuk Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores. Festival itu akan digelar pada 15 & 16 Oktober 2016 di hutan bakau Babah Akong, Desa Magepanda, Kabupaten Sikka, Flores.

Festival Jazz yang Ideal

Daftar musisi yang dipastikan tampil adalah Andre Hehanusa, Ivan Nestorman, Syaharani, Trie Utami, Ras Muhamad, Barry Likumahuwa, Djaduk Ferianto, Emil & Orkestra Satu Sikka dan Big One.

"Saya tidak asing lagi dengan Maumere, saya pernah ke sana sama Ivan Nestorman, keliling Indonesia Timur. Bahkan kami melakukan perjalanan melampaui NTT, hal yang indah buat saya. Memajukan daerah bisa dengan trigger festival musik. Saya akan kembali ke Maumere dan mudah-mudahan ini bukan yang terakhir,” kata Trie Utami dalam jumpa pers di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2016).

Dalam penampilannya di Maumere, Trie akan membawakan lagu Flores.

Penampil lainnya, Andre Hehanussa, berpendapat hal sama bahwa festival musik menjadi daya tarik tersendiri yang mampu melebur dengan budaya setempat.

"Ini panggilan untuk membuat Maumere lebih baik lagi. Musik paling gampang untuk menyatukan perasaan dan budaya," kata Andre.

Meski digelar di kawasan hutan bakau, para penonton tidak hanya disuguhi pemandangan laut dan keindahan pantai. Keadaan geografis setempat membuat penonton bisa menikmati pemandangan hamparan perbukitan yang asri.




(ELG)