90's Hip-Hop All Star Menilai Fenomena Young Lex dan Generasi Baru Hip-Hop

Agustinus Shindu Alpito    •    30 September 2016 12:02 WIB
musik indonesia
90's Hip-Hop All Star Menilai Fenomena Young Lex dan Generasi Baru Hip-Hop
Hip Hop All Star (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Situs berbagi video YouTube membawa dampak besar terhadap perkembangan musik di Indonesia. Semua aliran memiliki tempat dan kesempatan yang sama untuk unjuk gigi.

Salah satu aliran musik yang mencuat dan menjadi ramai diperbincangkan adalah hip-hop. Hal itu tidak lepas dari para YouTuber tenar yang dikenal mengusung identitas hip-hop, juga lagu-lagu kontroversi yang mereka bawakan.

Young Lex adalah contoh nyata bagaimana internet, terutama YouTube menjadi inkubator menjanjikan bagi musisi independen. Young Lex adalah satu dari sekian para musisi hip-hop generasi baru yang turut mencuri perhatian lewat YouTube.

Lantas, bagaimana para musisi hip-hop generasi 1990an - era di mana YouTube belum lahir - menyikapi generasi hip-hop milenial?

Hip Hop Musik Paling Banyak Didengar

"Gue percaya masing-masing generasi bicara pada generasinya, mereka juga mendengarkan hip-hop kita mungkin berpendapat 'Kok begitu ya?' dan kami mendengarkan hip-hop mereka mungkin juga mengatakan hal sama. Tetapi itulah kekayaan hip-hop. Generasi punya gaya, bahasa, tema sendiri-sendiri,” kata Jhon dari Sweet Martabak, saat ditemui di kantor demajors di Jakarta Selatan.

Fenomena hip-hop generasi baru juga tidak lepas dari kontroversi. Salah satu yang terbaru adalah kontroversi lagu Bad, hasil kolaborasi Young Lex dengan selebritas Instagram Awkarin.

"Kalau kontroversi Young Lex dan Awkarin, dari zaman dulu kami muncul, hip-hop memang tidak jauh dari kontroversi. Karena kami bicara apa yang orang lain anggap tabu," lanjut Jhon.

Iwa K, pionir hip-hop di Indonesia menilai bahwa keberagaman karakter musik dan pembawaan diri di dunia hip-hop adalah hal wajar.

"Hip-hop itu bring your attitude, setiap orang beda. Apalagi kita ngomong generasi. Pasti ada karakter masing-masing di tiap generasi. Hip-hop itu art. Lebih ke bermain seni, bagaimana bermain kata dan menyampaikan itu. Simpel,” kata Iwa K menambahkan.

Penyanyi Hip-Hop Terkaya

Pendapat para 90’s Hip-Hop All Star itu dirangkum oleh Raymond dari Sweet Martabak, bahwa fenomena hip-hop yang berkembang di YouTube saat ini adalah hal positif untuk hip-hop Indonesia, terlepas dari kontroversi yang terjadi.

"Mau dia (musisi hip-hop) ada yang bilang bagus atau kurang bagus, tetapi kan hip-hop jadi diomongin. Secara general, hip-hop jadi besar.  Di hip-hop tidak ada batasan, bebas saja. Tidak ada aturan harus pakai baju gombrong atau harus menjadi seperti apa,” tukas Raymond.

90’s Hip-Hop All Star yang terdiri dari Iwa K, NEO, Sweet Martabak, dan Blackskin bergabung untuk tampil di festival musik independen terbesar di Indonesia, Synchronize Festival, yang akan digelar pada 28,29,30 Oktober 2016 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.




(ELG)