Made "Navicula" Sosok yang Lembut dan Penyayang

Cecylia Rura    •    27 Maret 2018 10:26 WIB
musisi meninggal
Made
Made Indra (Foto: Instagram Navicula)

Denpasar: Kepergian Indra Made meninggalkan duka mendalam bagi para penggawa Navicula. Salah satunya tidak lain adalah sang vokalis, Robi. Kedekatan mereka yang dibina sejak kecil membuat Robi paham betul siapa sosok Made. Di balik perawakan yang urakan, Robi mengenang sosok Made sebagai pribadi yang periang dan penyayang.

"Karena kami tumbuh bareng, dari kecil kami teman sepermainan. Jadi, ya Made kalau saya bilang sudah akrab banget. Dia orangnya kayak periang, urakan kayak gitu, tapi sebenarnya jauh di dalam dirinya dia itu dia orangnya polos sekali, lembut sekali sebenarnya. Pure, kayak apa yang ada di pikirannya itu yang dia bilang, ekspresif," ucap Robi ketika dihubungi Medcom.id pada Selasa, 27 Maret 2018.

"Kalau dibilang, dia pure karakter cowok Bali. Apa adanya, enggak ada jaim (jaga image). Kalau dia enggak tahu, bilang enggak tahu. Kalau tahu, bilang tahu. Dan sangat real, otentik," imbuh Robi.

Memiliki mimpi besar sejak kecil membesarkan Navicula, membuat Robi sukar melupakan kenangan manis bersama mendiang bassist Navicula tersebut. Baginya, kekurangan Made yang membuatnya tampak sempurna.

"Semua orang punya kelemahan dan kelebihan, yang justru kekurangannya itu yang kadang-kadang membuat dia perfect. Jadi, dia di satu sisi dia clumsy tapi di sisi lain dia sebenarnya care banget."

"Yang paling saya kenal dari dia, dia sangat penyayang binatang. Dia kayak, ada anjing gelandangan, dibawa dipelihara sama dia. Ketemu kucing, ada orang buang di got dipelihara sama dia. Jadi, rumahnya ada banyak anjing dan kucing. Ada anak sapi, luntang-luntung dipelihara sama dia dikasih susu sampai akhirnya ada teman yang adopsi. Walaupun dia urakan kayak gitu karena jiwanya lembut jadi selalu paling enggak tega sama binatang," papar Robi.

Indra Made mengalami kecelakaan setelah tampil dalam Kopernik Day di Ubud, Gianyar, Bali pada Jumat malam, 23 Maret 2018. Saat itu, Made dan kekasihnya, Afi pamit pulang lebih dulu. Tak jauh dari lokasi acara, seseorang memberi kabar kepada kru dan personel Navicula yang tersisa di lokasi acara bahwa mobil yang dikendarai Made mengalami kecelakaan.

Made dan Afi seketika dilarikan ke Rumah Sakit Ari Canti lalu dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah. Sayang, nyawa Afi tak tertolong saat dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Jenazah Afi telah dipulangkan ke keluarganya pada Sabtu, 24 Maret 2018 di Yogyakarta. Made meninggal pada Senin, 26 Maret 2018 petang.  Jenazah Made masih berada di Rumah Sakit Sanglah Bali sambil menunggu hari baik untuk dikremasi sekaligus menunggu penyelesaian administrasi dan pembiayaan rumah sakit.

 


(ASA)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

1 day Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA