5 Lagu yang Mengangkat Tema November

Agustinus Shindu Alpito    •    28 November 2017 07:00 WIB
musik
5 Lagu yang Mengangkat Tema November
Dalam dunia musik, bulan November memberi inspirasi tersendiri. (Foto: Novicesoul)

Jakarta: Bulan November akan berlalu beberapa hari lagi. Dalam dunia musik, bulan November memberi inspirasi tersendiri. Hal itu terbukti dari banyaknya lagu yang mengangkat tema bulan ini, juga mengisahkan momen-momen penting terkait dengan November.

Berikut lima lagu pilihan yang mengangkat November sebagai tema utama.

1. November Rain - Guns N’ Roses



Siapa yang tidak kenal lagu cinta dari grup rock asal Amerika Serikat ini. November Rain  ditulis oleh vokalis Guns N’ Roses Axl Rose dan masuk dalam album Use Your Illusion I  (1991). Secara garis besar, Axl menceritakan bahwa kepedihan cinta dalam hidup pasti berlalu, seperti dinginnya hujan di bulan November.

2. November - Tyler, the Creator



Singel ini terdapat dalam album keempat Tyler, Scum Fuck Flower Boy, yang dirilis pada Juli lalu. Lagu November  merupakan track ke-12 dalam album ini. Singel ini bermakna positif, soal harapan untuk segala sesuatunya lebih baik, juga mengingatkan kita agar jangan khawatir dan terlalu takut pada segala sesuatu.

3. November Has Come - Gorillaz



Lagu ini terdapat dalam album Demon Days  yang dirilis pada 2005. Gorillaz berkolaborasi dengan rapper MF Doom dalam membawakan lagu ini.


4. Mr. November - The National



Lagu Mr. November  berasal dari album Alligator  yang revolusioner dalam karier The National. Uniknya, lagu ini bukan tentang kisah cinta atau hal melankolis lainnya terkait bulan November, melainkan berhubungan dengan kampanye John Kerry dalam kampanye presiden Amerika Serikat pada 2004. Pada 2009, The National menjual kaus Barack Obama dengan tulisan "Mr. November." Hasil penjualan kaus itu lantas digunakan sebagai donasi kampanye Obama.


5. November Spawned a Monster - Morrissey



Seperti November Rain  milik Guns N’ Roses, lagu bertema November ini dirilis juga pada era awal 1990-an, tepatnya pada 1990.  Lagu ini dirilis sebagai singel oleh Morrissey. Lagu ini disebut-sebut sebagai lagu kesukaan Morrissey secara personal, sehingga cukup sering dibawakan oleh Morrissey di atas panggung.
 


(DEV)