Spotify Kini Cantumkan Informasi Penulis dan Produser Lagu

Purba Wirastama    •    04 Februari 2018 11:55 WIB
musik
Spotify Kini Cantumkan Informasi Penulis dan Produser Lagu
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pihak Spotify telah mengumumkan bahwa kini pengguna bisa melihat informasi mengenai penulis dan produser dari setiap lagu dalam katalog. Fitur 'show credits' ini baru bisa diakses pengguna aplikasi komputer desktop.

Dalam halaman blog, pihak Spotify menjelaskan bahwa proses pencantuman credit ini sedang dalam tahap awal dan masih butuh waktu panjang. Belum semua lagu punya informasi lengkap. Informasi metadata dikumpulkan dari label-label yang bekerja sama dalam penyediaan lagu dalam katalog musik.

"Semakin banyak kami berbagi informasi, semakin besar kesempatan kami dalam membantu penciptaan bagi penulis lagu," kata Annika Goldman, direktur Music Publishing Operations di Spotify.

"Ini adalah langkah awal dalam menyediakan akses informasi yang mudah tentang penulis dan produser bagi pendengar. Kami terus meningkatkan informasi ini lewat kolaborasi dengan rekan industri musik kami," lanjutnya.

Dilansir dari Variety, bos perusaahan penerbitan musik Sony/ATV Martin Bandier menyatakan bahwa tindakan Spotify telah dinantikan oleh kalangan penerbit musik.

"Saat aku menang Lifetime Service Award di Centennial Annual Meeting NMPA tahun lalu, aku meminta layanan streaming untuk menunjukkan nama-nama dari para penulis yang menulis lagu sebagaimana mereka menunjukkan artis yang merekam. Dengan pengumuman ini, Spotify telah memulai langkah penting pertama untuk mengenali dengan baik, kontribusi penting dari penulis lagu yang seharusnya dihargai," kata Martin.

Spotify adalah layanan musik streaming asal Swedia yang resmi diluncurkan pada Oktober 2008. Sejak Maret 2016, layanan ini melebarkan salurannya ke Indonesia.

 


(DEV)