Ed Sheeran Digugat Rp1,4 Triliun karena Dianggap Plagiat

Cecylia Rura    •    29 Juni 2018 18:46 WIB
ed sheeran
Ed Sheeran Digugat Rp1,4 Triliun karena Dianggap Plagiat
Ed Sheeran (Foto: gettyimages)

Jakarta: Ed Sheeran kembali menghadapi gugatan terkait karyanya, Thinking Out Loud. Tak tanggung-tanggung, nilai ganti rugi yang diajukan sebesar USD100 juta atau Rp1,4 triliun.

Gugatan baru kepada Ed Sheeran dilayangkan oleh Structured Asset Sales. Lagu Thinking Out Loud dianggap menjiplak lagu Let's Get It On yang dipopulerkan Marvin Gaye.

Let's Get It On pada 1973 ditulis oleh Edward Townsend dan Gaye pada 1973. Ketika Townsend meninggal pada 2003, Structured Asset Sales membeli sepertiga dari hak cipta lagu tersebut.

Pada 2016, keluarga Edward Townsend pernah mengajukan gugatan sama kepada Ed Sheeran. Mereka mengklaim beberapa komponen lagu Ed Sheeran mulai dari melodi, harmoni dan irama lagu menjiplak Let's Get It On.

Sementara itu dari pihak keluarga Gaye belum melakukan tuntutan apapun.

Di masa jayanya, Let's Get It On sempat bertengger di nomor wahid dalam tangga lagu Billboard kategori Pop Singles pada 8 September 1973. Kesuksesan juga terjadi pada lagu Thinking Out Loud milik Ed Sheeran yang menduduki posisi puncak dalam daftar lagu UK Top 40 selama satu tahun.

Sebelumnya, pada 2016 lagu Ed Sheeran berjudul Photograph juga dituduh menjiplak lagu Amazing yang ditulis Martin Harrington dan Thomas Leonard untuk pemenang X-Factor Matt Cardle. Sheeran digugat sebesar USD20 juta.

Kasus ini berakhir di luar pengadilan karena Ed Sheeran setuju membayar sesuai permintaan penggugat.

Kasus Dugaan Plagiat Lagu Photograph, Ed Sheeran Sepakat Bayar USD20 Juta


 


(ELG)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

1 week Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA