Sempat Bermusik Grunge, Kini Dul Putra Ahmad Dhani Banting Stir ke EDM

Cecylia Rura    •    31 Agustus 2018 07:00 WIB
ahmad dhani
Sempat Bermusik Grunge, Kini Dul Putra Ahmad Dhani Banting Stir ke EDM
Dul Jaelani. (Foto: Instagram duljaelani)

Jakarta: Dul Jaelani seolah termakan dengan perkataannya sendiri. Sejak empat tahun lalu, bungsu dari pasangan Maia Estianty dan Ahmad Dhani itu tampak bersemangat menekuni musik grunge dan berkiblat pada sosok Kurt Cobain. Dia bahkan tergabung dalam grup musik Backdoor dan sempat merilis album mini.

Kini, Dul justru merilis musik EDM (Electronic Dance Music) yang banyak digandrungi kawula muda hari ini.

"Waktu itu aku merasa tertantang karena aku kebanyakan rilis lagu rock dan alternatif. Aku sekarang tertantang bikin musik elektronik," kata Dul di Jakarta, Kamis, 30 Agustus 2018.

Dul merilis singel solo perdananya bertajuk Taklukkan Dunia pada 30 Agustus 2018. Mengusung warna pop-EDM, Dul terinspirasi dari musik Coldplay era sekarang dan Imagine Dragons.

"Soul-nya EDM. Waktu itu aku sempat sinis sama musik EDM, musik zaman now. Tapi aku merasa kayak haters kalau aku cuma sinis doang tapi enggak buat karya EDM," cerita Dul.

Taklukkan Dunia bercerita tentang kisah pribadi Dul ketika menjalin hubungan tanpa status.

"Awal kisahnya, waktu itu saya punya TTM (teman tapi mesra), TKP (teman kayak pacar) lagi berantem sama cewek itu karena enggak sabar sama mimpi-mimpinya dan berantem sama ideologinya."

"Saya bilang, berikan aku waktu, aku berjanji padamu. Akhirnya cewek itu tidak sabar dan meninggalkan saya. Dulu saya pikir menaklukkan dunia adalah menaklukkan hati wanita itu, ternyata menaklukkan dunia adalah dengan cara saya sendiri," kisah Dul.

Lewat lagu ini, Dul seperti memberi semangat pada dirinya sendiri dan penggemarnya untuk menaklukkan dunia dengan cara masing-masing.

"Saya mengajak semua orang yang saya kenal untuk menaklukkan dunia bersama saya," kata Dul bersemangat.

Perilisan singel Taklukkan Dunia sekaligus menjadi pembuktian Dul dapat eksis di industri musik tanpa menyatut nama orangtuanya. 

"Sama seperti musisi lain, karena sekarang saya jalan sendiri tidak ikut label, mau enggak mau saya, apalagi sudah 18 tahun wajib 'angkatan kerja'. Jadi saya juga enggak boleh main-main." 

"Bebannya, saya sudah tidak boleh malas-malasan," cerita Dul.

Berjalan sendiri dengan melalui proses panjang di industri musik tidak dijadikan Dul sebagai beban. Menurutnya, keputusan ini justru menjadi tantangan.

"Tantangan, bukan beban. Saya sekarang tidak boleh nihil wawasan, tidak boleh sedikit ilmu karena tidak ikut ayah dan bunda dan akan bertemu dengan koneksi baru, proses baru dan membutuhkan ilmu yang lebih dari saya yang sebelumnya. Sekarang saya tidak boleh malas-malasan," kata Dul.




 


(ASA)

RUU Permusikan Salah Sejak Judul

RUU Permusikan Salah Sejak Judul

1 week Ago

Setelah didalami sejumlah pihak, termasuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP), te…

BERITA LAINNYA