Hari Musik Nasional

Jokowi: Hidup Tanpa Musik Terasa Hambar

Cecylia Rura    •    09 Maret 2018 16:54 WIB
Hari Musik Nasional
Jokowi: Hidup Tanpa Musik Terasa Hambar
Jokowi saat hadir di We The Fest (Foto: medcom/shindu)

Jakarta: Tanggal 9 Maret tiap tahunnya kini diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Tanggal tersebut dipilih tepat dengan tanggal kelahiran pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman.

Selebrasi Hari Musik Nasional tak hanya menggemakan euforia di kalangan musisi. Presiden Indonesia Joko Widodo menaruh perhatian dengan memberi ucapan selamat Hari Musik Nasional melalui akun Twitter miliknya pada Jumat pagi tadi, 9 Maret 2018.




"Selamat Hari Musik Nasional, 9 Maret 2018. Rentang musik Nasional dari Sabang-Merauke mencerminkan rasa toleransi, kerukunan & keharmonisan. Musik kita jaga keberadaanya. Semoga eksistensi musik nasional lbh diakui keberadaanya secara global. Hidup tanpa musik terasa hambar -Jkw," tulis Jokowi pada keterangan tertulis.

Dalam cuitan disertai video yang disematkan, Jokowi mengungkapkan tanpa musik hidup terasa hambar. Pada video yang disematkan, Jokowi juga mengungkapkan agar musik tak hanya dinikmati tetapi juga dijaga eksistensinya.

"Semoga dengan diselenggarakan Konferensi Musik Nasional (KAMI) para insan musik Indonesia dapat membentuk ekosistem musik nasional yang akan menghilangkan segala hambatan karya cipta musik dan lebih diakuinya eksistensi musik Indonesia. Selamat Hari Musik Nasional dan selamat berkonferensi," ucap Jokowi kepada publik.

Para musisi sendiri kini tengah mengadakan Konferensi Musik Indonesia (KAMI) di Ambon sejak 7 hingga 9 Maret 2018. Ini merupakan kali pertama KAMI digelar dan dilaksanakan di Ambon. Selain konferensi, akan digelar juga lokakarya dengan menghadirkan sejumlah musisi serta pejabat negara.

Jokowi merupakan sosok yang dekat dengan musik. Pria yang menggemari musik metal itu kerap hadir dalam sejumlah acara musik yang lekat dengan anak-anak muda.


(ELG)