Via Vallen Minta Maaf ke Jerinx SID

Purba Wirastama    •    12 November 2018 10:28 WIB
surveysuperman is deadVia Vallen
Via Vallen Minta Maaf ke Jerinx SID
Via Vallen saat ditemui awak media di kawasan Ciputat, Rabu 6 Juni 2018. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: I Gede Ari Astina alias Jerinx, drummer grup Superman Is Dead, menuding penyanyi Via Vallen telah merusak semangat lagu Sunset di Tanah Anarki dan sekadar mementingkan segi komersial karena menyanyikan ulang lagu tersebut dalam versi dangdut koplo tanpa izin. Berselang dua hari, Via akhirnya angkat bicara lewat media sosial. 

Pemilik nama lengkap Maulidia Octavia ini mengunggah rangkaian 10 foto di Instagram berisi permohonan maaf dan klarifikasinya atas tudingan Jerinx. Dia menyatakan enggan bertemu dengan Jerinx langsung secara personal karena geram disebut sebagai "fucking whore". 

"Jangankan saya, seorang pel*cur dibilang pel*cur saja pasti enggak terima," tulis Via dalam postingan @viavallen pada Minggu malam, 11 November 2018. 

Terkait tudingan merusak dan mencuri lagu Sunset di Tanah Anarki, Via memberi penjelasan dalam tiga poin. Perempuan kelahiran Surabaya 1991 ini mengaku terpaksa bersuara karena "masalah ini jadi ke mana-mana sehingga membuat orang-orang berpendapat salah tentang saya". 

Via meminta maaf kepada Jerinx dan SID jika mereka tak berkenan lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh dirinya dengan musik dangdut di panggung off-air (tidak disiarkan oleh media). Sebelumnya, Jerinx menyebut lagu Sunset di Tanah Anarki versi koplo merusak semangat yang diusung penciptanya. 

"Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf. Sungguh saya tidak punya sedikit pun niat untuk merusak lagu siapapun melalui genre musik saya," tulis Via. 

Via mengklaim bahwa rekaman penampilan langsungnya atas Sunset di Tanah Anarki tidak pernah dirilis pihak label resmi yang pernah bekerja sama. Sejumlah penyelenggara, kata Via, memang punya dokumentasi panggung, tetapi tidak pernah ada kerja sama untuk merilis rekaman secara komersial.

"Soal dikomersilkan, saya tidak tahu dan tidak pernah menikmati hasil dari komersialisasi atas dokumentasi tersebut," ungkap Via, yang menduga mungkin saja DVD/VCD yang dimaksud adalah rilisan bajakan. 

"Jika ada lagu Sunset di Tanah Anarki yang saya nyanyikan ketika off-air, dikomersilkan lewat VCD asli oleh label manapun, silakan kasih saya bukti kasetnya. Saya siap menuntut label tersebut," imbuhnya. 

Selain rilisan VCD/DVD, Via juga mengklaim belum pernah mengambil keuntungan komersial melalui lagu-lagu versi cover atau rekaman penampilan langsung di YouTube. Via menyatakan Sunset di Tanah Anarki hanya dibawakan dalam panggung off-air dan tidak pernah diklaim sebagai lagu miliknya.

"Saya tidak merasa mencuri lagu Anda karena saya cuma menyanyikan di panggung off-air dan sampai detik ini, lagu itu jelas masih milik Anda. Jika saya mencuri, sudah pasti saya akan mengakui bahwa lagu tersebut adalah lagu yang saya ciptakan, tapi di sini, saya tidak pernah mengakui karya orang lain sebagai karya saya," tuturnya. 

Pada foto terakhir, Via menyisipkan screenshot rekaman penampilan para penyanyi dangdut lain yang membawakan lagu Sunset di Tanah Anarki di panggung. Via hendak membuktikan bahwa bukan hanya dia yang menyanyikan ulang lagu tersebut. 


View this post on Instagram

Mungkin banyak pertanyaan. Kenapa baru sekarang saya sentil VV? Simpel. Karena album SID yg baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yg sangat mungkin dijadikan versi dangdut/koplo nya. Dan jika kami diamkan, bisa jadi VV, atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi; memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut. OK 2013, lagu Sunset di Tanah Anarki kami ikhlaskan, mindset kami saat itu cukup naif; anggap saja membantu struggling musician. Sampai dia bikin DVD segala, dikomersilkan, rapopo Nah, kekesalan ini muncul setelah melihat transformasi seorang VV. Di mana posisinya saat ini, VV harusnya sudah belajar jadi manusia, jangan bisanya hanya mengambil saja. Selama ini nyanyi SDTA ribuan kali, lirik lagu kami ga ada artinya bagi dia? Setelah sukses, apa yg kamu bisa lakukan utk mengapresiasi karya yg membawamu ke tempat yg lebih baik? Dengan followers berjuta, minimal berkontribusilah utk gerakan melawan lupa, atau pelurusan sejarah 65, perjuangan Kendeng, dll, ada banyak sekali hal yg bisa VV lakukan tanpa harus keluar duit SID sudah pasti akan bangga jika VV, atau siapapun yg hidup dari karya SID, manfaatkan fame nya utk cinta yg lebih besar. Bukan hanya tuk perkaya diri dan keluarganya. Ini yg membuat saya marah. Selama ini nyanyi SDTA apa ya yg ada di dalam kepalanya? Lagu ini pesannya besar, sungguh humanis, pun disampaikan dengan lirik dan video klip yg sangat literal. Wajar saya merasa mereka dengan sadar merendahkan substansi lagu ini atas nama popularitas semata. Itu sangat manipulatif dan menjijikkan Saya ga akan nuntut nominal apapun dari VV atau penyanyi lain yg pernah/masih hidup atas karya SID. Hanya berharap kalian lebih bijak ketika berurusan dengan musik kami. SID bukan cuma band. Kami lebih besar dari hiburan. Uang, fame, rupa, bukanlah segalanya, ada hal yg lebih tinggi bernama INTEGRITAS. Terima kasih, JRX

A post shared by JRX (@jrxsid) on











(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA