Pengalaman Drive Konser di Pelosok Maluku Utara

Purba Wirastama    •    31 Oktober 2018 08:11 WIB
Drive
Pengalaman Drive Konser di Pelosok Maluku Utara
Drive (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Drive punya pengalaman berkesan saat tampil dalam sebuah pertunjukan musik di pulau pelosok Maluku Utara pada awal Januari 2018 lalu. Menempuh perjalanan udara dan laut sehari, mereka tiba di sebuah desa minim listrik yang warganya ternyata mengenal lagu-lagu Drive.

"Pulau Taliabu, pas tahun baru kemarin," kata Dyego Pratama, bassist Drive, saat berkunjung ke kantor Media Group pada Selasa, 30 Oktober 2018.

"Maluku utara, tapi ujungnya lagi," sambung Rizky Abdurahman, eks vokalis The Titans yang bergabung dengan Drive sejak penghujung 2017.

"Dari Jakarta, kami transit di Makassar, dari Makassar ke Luhu, dari Luhu baru naik speedboat enam jam (menuju Taliabu). Hampir seharian karena berangkat pagi, sampai Luhu sore," jelasnya.

"Di Luhu, kami menginap dulu semalam karena speedboat baru bisa berangkat kalau cuaca sedang bagus," imbuh gitaris Budi Rahardjo.

Drive datang atas undangan Bupati Taliabu untuk tampil dalam acara perayaan tahun baru di sana. Pada hari pertama, mereka tampil di salah satu desa yang masih minim akses listrik dan internet.

Pada hari kedua, mereka tampil di desa sisi lain pulau yang tidak diakses lewat darat, tetapi laut dengan speedboat. Satu-satunya kendaraan darat hanyalah ambulans. Desa kedua ini menjadi pusat pemerintahan dan relatif lebih "kota" karena punya akses internet.

Mereka tampil bermain sekitar satu jam saat malam. Listrik PLN hanya mengalir saat siang sehingga aktivitas malam didukung dengan listrik genset.

"Jadi pas malam kami manggung, semua wilayah mati. Listrik dialihkan ke panggung," ujar Dyego.

"Sebenarnya yang kami kagum, kami pikir, memang ada yang tahu lagu kami di sana? Pikirnya gitu dong karena di ujung (pelosok). Ternyata mereka tahu. Wah, oke," ungkapnya.

"Anehnya itu sih, makin pelosok manggung, justru penonton makin seru. Lebih antusias dibandingkan di kota," imbuh Rizky.

Namun itu bukan kali pertama Drive tampil di pelosok. Pada 2010, ketika Drive masih bersama Anji, mereka bermain di kawasan Morowali di Sulawesi Tengah. Mereka menempuh perjalanan darat 16 jam. Budi bahkan sempat menggantikan duduk di kursi kemudi.

"Sekarang sudah enak karena ada Bandara Morowali," tukas Dyego.

Drive telah berusia 13 tahun dan kini berjalan dalam formasi keempat bersama vokalis Rizky. Sebelumnya, mereka sempat bersama Umaru Takaeda lalu Tirta Adilla. Mereka baru saja merilis singel Seakan di Surga versi aransemen baru.

Rencananya, mereka menggelar tur konser reuni bersama Anji pada awal 2019.

 
(ELG)