Mengintip Persiapan Soundrenaline 2016

Agustinus Shindu Alpito    •    02 September 2016 20:00 WIB
soundrenaline
Mengintip Persiapan Soundrenaline 2016
Salah satu panggung Soundrenaline 2016 (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesta musik terakbar di Indonesia, Soundrenaline, menjadi saksi penting dalam perkembangan industri musik Indonesia dalam 14 tahun terakhir. Digelar perdana pada 2002, pesta musik ini sukses mengumpulkan nama-nama besar dalam satu perhelatan acara.

Tahun ini, Soundrenaline digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, selama dua hari, pada 3 & 4 September. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak lima panggung disiapkan untuk mengakomodasi lebih dari 50 penampil.

Metrotvnews.com berkesempatan melihat persiapan Soundrenaline 2016, pada Jumat (2/9/2016). Ratusan tim produksi dari berbagai lini hilir-mudik menyiapkan sebuah pesta yang layang untuk menyandang gelar “Terakbar.”


Lokasi Soundrenaline 2016 (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Novrial Rustam, Managing Director Kilau Indonesia, menjelaskan bahwa sebagian peralatan teknis untuk acara ini didatangkan langsung dari Jakarta, sejak sebulan sebelum penyelenggaraan.

Tim penata panggung sudah bekerja satu minggu sebelum acara digelar. Memastikan tata suara, tata lampu, dan visual tersaji secara apik.

“Satu panggung memiliki tata suara berkekuatan 260 ribu watt. Kami juga pakai soundsystem kelas dunia. Untuk panggung A Stage, kami pakai brand sound nomor satu dunia, hanya ada satu vendor di Indonesia yang memiliki brand itu,” jelas Novrial saat ditemui di GWK, Jumat (2/9/2016).


Salah satu stage Soundrenaline 2016 (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Tata suara yang mumpuni tentu menjadi kunci penting berhasilnya sebuah festival. Terlebih, Soundrenaline menghadirkan band kelas atas, dari dalam dan luar negeri.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, tiga band besar dunia, Simple Plan, Temper Trap, dan Bloc Party dipastikan tampil. Daya tarik pentas diperkuat dengan nama-nama band dalam negeri yang menjanjikan, antara lain Sheila On 7, Naif, /rif, Efek Rumah Kaca, dan puluhan nama lain.


Lokasi Soundrenaline 2016 (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Dari pengamatan Metrotvnews.com, Soundrenaline 2016 bukan saja menyajikan musik, namun juga perkembangan seni dan implementasinya dalam kehidupan masyarakat urban. Hal itu terlihat dari bagaimana komunitas kreatif dilibatkan dalam acara ini, antara lain dari U Visual, Grafis Huru Hara, LocalBrand.co.id. dan Catalyst Art.

Stage di Soundrenaline 2016 (Foto: Metrotvnews/Shindu)

 


(ELG)