Mengenal Setiap Lagu di Album Terbaru Afgan

Agustinus Shindu Alpito    •    31 Agustus 2016 21:41 WIB
afgan
Mengenal Setiap Lagu di Album Terbaru Afgan
Afgan (Foto: Metrotvnews/Hani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Afgan resmi merilis album Sides, pada Rabu (31/8/2016). Album berisi 13 lagu ini melibatkan nama-nama besar, mulai dari produser internasional Mark Hill, Rian D'Masiv, Yura, Raisa, Badai Eks Kerispatih, Alam Urbach, dan penyanyi rap asal Malaysia, Sonaone.

Sides menjadi titik tersendiri dalam perjalanan karier Afgan. Enam lagu pertama dalam album ini menonjolkan nuansa "black music" sebuah gaya aransemen yang menurut Afgan sesuai dengan jiwa dan karakter bermusiknya. Berikut sedikit catatan 13 lagu dari album Sides:


1. Rollercoaster

Seperti judul, lagu ini memperdengarkan musik yang meluncur deras, dengan groovy yang tepat. Lagu ini menunjukkan kualitas vokal Afgan, dengan teknik falsetto yang dibalut hentakan musik yang mengajak pendengarnya bergoyang.

2. Knock Me Out

Lagu bernuansa pop R&B ceria dengan sound yang segar dan ceria. Lagu ini menggabungkan lirik bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang mengekspresikan rasa bahagia saat menemukan cinta sejati. Lagu ini bercerita tentang penantian yang sudah berakhir karena bertemu dengan seseorang yang sangat spesial di hati.

"Ibaratnya seperti menemukan seseorang yang benar-benar membuat saya terpana, merasa cocok dan berjanji tidak akan melepaskannya," kata Afgan.

3. Count On Me

Lagu ini mengusung nuansa pop R&B, dipadu dengan nada-nada tenang dari piano dan petikan gitar akustik yang dibalut hentakan drum yang tegas. Lagu ini bercerita tentang seorang pria yang berusaha meyakinkan wanita yang disukainya agar bisa percaya. Dalam lagu ini Afgan kembali menunjukkan karakter vokal yang terdengar dalam lagu-lagu hit yang selama ini akrab di radio dan televisi.

4. Berani Sadari

Dalam lagu ini, Afgan berkolaborasi dengan Yura Yunita dan Rayi "RAN." Lagu ini memperdengarkan unsur rap yang ringan, sepadu dengan nuansa musik yang diusung, dan memuat lirik bernafaskan optimisme.

5. Thinkin' About

Elemen R&B masih terdengar di lagu ini. Vokal Afgan terdengar natural dan justru hal itu yang menjadi daya tarik dari lagu ini.

6. Brand New Day

Ini adalah lagu terakhir di sisi "black" dari album Sides. Digarap bersama Mark Hill, lagu ini memiliki cita rasa R&B yang berkelas. Tangan dingin Mark Hill patut diacungi jempol dalam memoles lagu ini hingga Afgan terdengar sejajar dengan musisi R&B internasional.

7. X

Aransemen musik dan harmonisasi vokal beserta imbuhan-imbuhannya sangat mengesankan di lagu ini. Sangat detail dan selalu menggugah untuk mendengarkannya hingga akhir. Lagu ini dibantu dengan vokal Sonaone yang memberi keunikan tersendiri.

8. Berlalu

Diawali dengan suara organ Hammond, membuat nuansa soul terdengar kental. Suasana blues hadir lewat permainan gitar Ginda Bestari dalam album ini. Lagi-lagi Afgan menunjukkan bahwa dirinya cukup jawara untuk memberikan sentuhan-sentuhan khas dalam tiap lagu yang dibawakannya.

9. Kunci Hati

Lagu ini ditulis Afgan bersama sahabatnya, Inu Numata. Dengan nada sederhana, lirik dari lagu ini memiliki makna mendalam. Kisah lagu ini berkutat pada cerita cinta yang sederhana, yang dialami banyak orang. Ari Renaldi memberikan sentuhan string yang dimainkan oleh Budapest Scoring Strings, Hungaria, dalam lagu ini.

10. Percayalah

Lagu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga penggemar Afgan dan Raisa. Lagu cinta ini diaransemen oleh Ari Renaldi dan menjadi lagu tema film London Love Story.

11. Aku Dengannya Kau dengan Dia

Lagu ini melibatkan orkestrasi dari musisi senior Erwin Gutawa. Diciptakan oleh Rian D'Masiv, Afgan keluar sejenak dari jubah R&B yang dikenakan di sisi "black music" dalam enam lagu perdana album ini. Lagu ini juga melibatkan permainan orkestra dari Czech Symphony Orchestra, Praha.

12. Setia Menunggu

Ditulis oleh Badai eks Kerispatih, lagu ini lantas diberi sentuhan matang dari Tohpati. Menyuguhkan alunan cello yang muram dengan petikan gitar akustik yang memberi keteguhan. Afgan kembali hadir dengan balada melankolis dengan kekuatan vokal yang representatif.

13. Jalan Terus

Diciptakan oleh Alam Urbach, lagu ini memperdengarkan kemegahan orkestrasi pimpinan Erwin Gutawa yang dieksekusi Czech Symphony Orchestra. Lagu melankolis ini memuat lirik yang optimis. Sebuah ungkapan untuk percaya dan memperjuangkan cinta.

 


(ELG)