Pionir Penyanyi Country Perempuan Jean Shepard Tutup Usia

Nia Deviyana    •    26 September 2016 14:21 WIB
obituari
Pionir Penyanyi Country Perempuan Jean Shepard Tutup Usia
(Foto: Billboard)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Jean Shepard, pionir penyanyi country untuk perempuan, meninggal dunia pada usia 82 tahun.

Jean yang lahir di Oklahoma pada 1933 merupakan anggota dari Grand Ole Opry (program radio di Nashville yang menampilkan legenda musik country), dan Country Music Hall of Fame.

"Ini adalah hari paling sulit dalam hidup saya. Ibu menelepon saya pagi ini, dan sekarang dia sudah tinggal dalam damai," ujar Hawkshaw Hawkins Jr, anak Shepard kepada Billboard.

(Baca: Steven Tyler Rilis Video Musik Singel Country Pertama)


Sebelum meninggal, Shepard sempat dirawat di rumah sakit, seminggu sebelum kematiannya.

Shepard, yang pernah berhasil menjuarai tangga lagu Billboard pada 1953 lewat lagu Dear John Letter sempat menerbitkan memoir berjudul Down Through the Years.

Ia diminta bergabung dengan Grand Ole Opry pada 1955, saat usianya masih 22 tahun. Ia tercatat sebagai anggota terlama. Hanya ada tiga perempuan yang menjadi anggota Grand Ole Opry. Selain Shepard, ada Kitty Wells dan Minnie Pearl.

Pada 1960, Shepard menikah dengan penyanyi Hawkshaw Hawkins. Pada 1963, ketika Shepard sedang hamil 8 bulan anak kedua mereka, Hawkins tewas dalam kecelakaan pesawat.

Shepard menikah lagi pada 1958 dengan musisi Benny Birchifield yang kala itu berusia 50 tahun.

Shepard adalah pendukung setia musik country tradisional, yang menolak perpaduan musik country dengan pop. Ia merilis singel terakhirnya pada 1981.


Lihat Video:
Miranda Lambert Borong Empat Penghargaan Music Country





(DEV)