Erwin Gutawa Hanya Ajak Penyanyi Laki-Laki di Konser Salute Ketiga

Purba Wirastama    •    31 Januari 2019 20:08 WIB
konser musikerwin gutawa
Erwin Gutawa Hanya Ajak Penyanyi Laki-Laki di Konser Salute Ketiga
Erwin Gutawa (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Erwin Gutawa sedang menyiapkan Konser Salute edisi ketiga dan hanya melibatkan para penyanyi laki-laki. Namun tunggu dulu, konser ini bukan bermaksud seksis, melainkan hendak menawarkan konsep berbeda berdasarkan lagu-lagu asli yang akan dibawakan.

Ini menjadi konser salute atau penghormatan edisi ketiga yang digelar oleh Erwin sejak Salute to Koes Plus pada 2005. Kali ini, konser akan memberi penghormatan bagi tiga perempuan penulis lagu populer yang aktif sejak 1990-an, yaitu Melly Goeslaw, Cynthia Dewi Bayu alias Dewiq, dan Dewi "Dee" Lestari.

Sebanyak 30 dari puluhan lagu ciptaan mereka akan dibawakan dalam aransemen berbeda dalam Konser Salute ketiga nanti pada 9 Februari 2019. Erwin dan tim kreatif, termasuk Gita Gutawa putrinya, mengajak sejumlah penyanyi lelaki untuk membawakan lagu-lagu aransemen baru tersebut.

"Kalau saya bikin konser, saya mau enggak sama seperti album atau yang biasa didengar orang. Kami bikin kejutan musikal," kata Erwin di Cilandak, Kamis, 31 Januari 2019.

"Idenya, kalau semua komposernya cewek, kenapa yang tampil enggak cowok saja semua? Akhirnya kami mengajak penyanyi cowok yang keren-keren, nomor satu semua," lanjut Erwin.

Para penyanyi itu adalah Afgan, Armand, Once, Harvey, Rendy Pandugo, Sandhy Sondoro, Vidi Aldiano, LIB3RO, dan aktor Reza Rahadian. "Masih ada yang bergabung pada hari-hari terakhir untuk memperkuat barisan penyanyi laki-laki," imbuh Erwin.

Menurut Gita, pilihan "hanya laki-laki" didasarkan kepada pertimbangan bahwa sang ayah, jika mengadakan konser, cenderung ingin "merombak total" aransemen lagu populer sembari tetap menjaga esensi lagu asli.

"Karena lagu-lagu mereka dinyanyikan banyak perempuan, kami ingin menghilangkan kesan aslinya biar orang tidak membandingkan," kata Gita.

"Ini bukan cuma gimmick (soal perempuan dan laki-laki), tetapi secara musik, seharusnya ini juga akan membawa nuansa dan interpretasi baru. Poinnya, ternyata memang bisa dinyanyikan laki-laki (...). Banyak lagu yang diciptakan perempuan ini sebenarnya universal," lanjutnya.

"Saya senang banget memberikan sentuhan baru lewat orkestra saya untuk lagu-lagu yang sudah terkenal tanpa menghilangkan arti lirik," sambung Erwin.

Konser bertajuk Salute to 3 Female Songwriters: Melly Goeslaw, Dewiq, Dewi Lestari ini akan digelar di ICE BSD City Tangerang pada 9 Februari 2019. Penjualan tiket sudah dibuka dalam rentang harga Rp552 ribu hingga Rp2,5 juta.



 


(ELG)