Ari Lasso Salut dengan Gebrakan Musisi Indie di Indonesia

Cecylia Rura    •    19 Oktober 2018 16:49 WIB
ari lasso
Ari Lasso Salut dengan Gebrakan Musisi Indie di Indonesia
Ari Lasso. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Musisi Ari Lasso terbilang cukup senior berada di panggung musik Indonesia, baik berkarier bersama grup band Dewa maupun berkarier solo.

Melihat perkembangan musisi indie yang kian mewarnai pasar musik Indonesia, Ari Lasso melihat munculnya musik indie memberi dampak positif untun ekosistem musik di tanah air.

"Musik harus ada regenerasinya. Ini teman-teman band indie memang 5-6 tahun memberi warna luar biasa di musik Indonesia. Jadi, ada internet ada sosmed memperbaiki selera musik masyarakat Indonesia juga mengedukasi juga tentang bagaimana sih semestinya lo berkarya tanpa bergantung pada cukong besar," papar Ari Lasso di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Kendati begitu, musisi kelahiran Madiun itu merasa tidak tersaingi dengan musisi muda yang kini dipermudah dengan bantuan teknologi. Menurutnya, perkembangan ini adalah bagian dari regenerasi musik Indonesia.

"Musik itu bukan kompetisi olahraga. Masing-masing punya penggemarnya. Masing-masing penggemar itu bisa juga berpaling, bisa juga setia, berpaling lagi dan satu orang tidak mungkin menggemari satu jenis musik. Gua sudah belajar dan riset. Jadi, pengganti akan selalu ada tapi yang bertahan juga selalu ada," ungkapnya.

Untuk bisa eksis hingga sekarang, Ari Lasso tidak memiliki resep khusus.

"Kalau tampil menyenangkan orang dan menghibur ya mungkin itu tampilnya bagus itu mungkin yang bikin (bertahan)," katanya.


 


(ELG)