Kronologi Kecelakaan Tragis Made "Navicula" dan Calon Istrinya

Purba Wirastama    •    26 Maret 2018 21:41 WIB
musisi meninggal
Kronologi Kecelakaan Tragis Made
Afi (kiri) dan Made (kanan) (Foto: Instagram Navicula)

Denpasar: Made Indra, bassist grup musik Navicula meninggal pada Senin petang ini setelah melewati kondisi kritis karena kecelakaan lalu lintas di Gianyar tiga hari sebelumnya. Kepergian Made menyusul Afiriana Dewi, calon istrinya yang meninggal di lokasi kecelakaan.

Pada Jumat malam itu, 23 Maret 2018, Made dan Afi hendak pulang dari Ubud menuju Denpasar. Made bersama grup Navicula baru saja tampil di panggung musik Kopernik Day yang diadakan oleh lembaga nirlaba Kopernik. Dalam acara itu, Navicula juga sempat merilis video musik terbaru mereka berjudul Terus Berjuang.

Lagu Terus Berjuang sebenarnya telah dirilis Navicula pada 2007 dalam album Beautiful Rebel. Pada 2018, Kopernik menggandeng Navicula dan sutradara Erick Ebert ST untuk mengerjakan video musik lagu ini, yang membungkus cerita tentang para pegiat isu sosial dan lingkungan. Navicula sendiri, yang kini berusia 22 tahun, memang dikenal sebagai grup musik yang peka terhadap berbagai masalah lingkungan hidup dan sosial.

Robi, gitaris dan vokalis Navicula bercerita, bahwa usai mereka tampil malam itu, Made dan Afi pamit untuk pulang lebih dulu. Mereka naik mobil yang dikendarai Made. Namun tak lama, seorang teman Robi datang dan memberi tahu soal kecelakaan yang tak terlalu jauh dari lokasi. Sejumlah warga di sekitar lokasi menolong dan membawa ke RSU Ari Canti. Made langsung dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar.

"Dua-duanya sudah parah. Afi sudah enggak tertolong. Kalau Made langsung dirujuk ke sana," kata Robi kepada Medcom.id, Sabtu, 24 Maret.

Made cedera kritis dan mengalami patah tulang. Menurut laporan media Kumparan dan Tribun Bali, mobil Made dan Ifa mengalami kecelakaan tunggal. Mobil Xenia mereka menabrak pohon dalam benturan keras.

Made dirawat secara intensif di ICU. Robi dan Navicula menggalang dana, termasuk lewat media sosial, untuk menyokong perawatan Made. Permintaan ini disebarkan ulang oleh berbagai pihak, termasuk rekan musisi, kerabat, dan penggemar. Sementara, jenazah Afi dipulangkan ke Yogyakarta pada Sabtu malam untuk dimakamkan keesokan harinya.

Pada hari berikutnya, kondisi Made masih kritis. Pihak Navicula membagikan kabar ini lewat akun media sosial @naviculamusic di Instagram Stories.

"Sekali lagi, kami berterima kasih untuk doa, dukungan, materi untuk Made dan Afi. Kondisi Made saat ini masih sama seperti kemarin, dalam perawatan di ICU RS Sanglah, Denpasar. Doa dan energi positif untuk kesembuhan sangat berarti banyak untuk Made," tulis @naviculamusic.

Hingga hari ini, Made masih berjuang melewati masa kritis. Namun pada petang hari tadi, Made menghembuskan nafas terakhir pada pukul 18.25 WITA.


 


(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA