SHE dan Band Indonesia yang Eksis dengan Personel Perempuan

Cecylia Rura    •    09 Januari 2018 20:08 WIB
musik indonesia
SHE dan Band Indonesia yang Eksis dengan Personel Perempuan
Nonaria (Foto: instagram nonaria)

Jakarta: Persepsi sebuah band yang hanya dan pasti digawangi oleh kaum pria agaknya mulai ditepis. Dari zaman ke zaman, perkembangan emansipasi perempuan kian berekspansi. Setelah kini banyak ditemui kaum perempuan yang menggeluti pekerjaan kasar, tak sedikit juga sekelompok perempuan yang menyuarakan kebebasan berekspresi dengan membentuk sebuah grup band.

Kemampuan musikalitas sekelompok perempuan dalam sebuah band pun tak bisa dianggap remeh. Mereka dapat membuat aransemen lagu yang lebih segar dan mampu diterima oleh sebagian besar masyarakat.

Selain penampilannya yang menarik hati, berikut daftar all-female band yang lihai dalam bermusik:

1. SHE



Grup musik asal Indonesia SHE dibentuk pada 22 Februari 2000 dan bermukim di Bandung. Nama SHE merupakan sebuah akronim dari Sound and Harmony Electric yang digawangi tujuh orang perempuan.

Ketujuh mojang Bandung tersebut di antaranya Arina (Mocca), Kika, Riry, Achi, Melly, Yayo dan Daeztyne. Namun kini, band yang berada di bawah label Sony Music Indonesia tersebut digantikan oleh empat personel baru yakni Dyah Sekar pada keyboard, Qoqo pada gitar elektrik, Arnie pada bass dan Adisty sebagai penggebuk drum.

Album pertama dirilis pada 2005 bertajuk Tentang Aku, Kamu, dan Dia. Setelahnya SHE rutin mengeluarkan album dua kali berturut-turut, Tersenyum Lagi (2007) dan Tak Sekadar Kembali (2009). Pada 2013 SHE tercatat terakhir kali menelurkan albumnya bertajuk She Is The Best.

Beberapa singel yang cukup familiar untuk grup band ini antara lain Slow Down Baby, Bukan untuk Sembarang Hati dan Tersenyum Lagi.

2. Juwita Band



Juwita Band merupakan all-female band yang berbasis di Jakarta dan terbentuk pada 14 Februari 2013. Awalnya band ini dibawakan oleh enam personel, namun Angga, salah satu personel yang bertanggung jawab pada alat musik bass memutuskan untuk keluar. Band ini kemudian digawangi lima orang personel di antaranya Vega pada gitar dan biola, Dynda pada drum, Risa pada bass, Nora pada keyboard serta Dela pada akustik dan vokal.

Kemunculan Juwita Band diawali dengan kepiawaian mereka mengemas ulang lagu-lagu populer seperti Separuh Aku dari NOAH dan Yang Terlupakan milik Iwan Fals.

Sukses melambungkan nama mereka lewat saluran YouTube, Juwita Band kemudian digandeng label Replay Music dan mulai mengusung lagu ciptaan mereka sendiri. Singel pertama mereka bertajuk Rahasia Hati pada 2013 disusul singel kedua Cinta Slow Motion.

Pada 2014 Juwita Band menelurkan album perdana mereka Halo Dunia.

3. Nona Ria



Seolah menawarkan warna musik baru, grup band yang digawangi trio Nesia Ardi, Nanin Wardhani dan Yashinta Pattiasina ini mengusung elemen musik drama musikal.

Nona Ria sudah berlalu-lalang tampil dari panggung ke panggung ternama seperti International Jazz Day 2017 di Jakarta beberapa waktu lalu. Nona Ria pun sempat berkolaborasi dengan musikus indie Danilla Riyadi untuk singel Wanita Kekinian.

Antri Yuk menjadi singel pertama yang dirilis disusul pengeluaran album perdana pada 2018.

4. Pop Rock



Lain halnya dengan ketiga grup band all-female sebelumnya, Pop Rock, sama seperti nama band yang diusung menggunakan elemen yang nge-beat dan terdengar enerjik.

Band ini digawangi empat personel perempuan yakni, Icez pada bass, Vanez pada gitar, Adel pada vokal dan Bebek pada drum. Band yang berdiri sejak Desember 2013 ini terinspirasi dari beberapa band luar negeri beraliran rock seperti Paramore dan Kings of Leon.

Singel pertama mereka berjudul Selalu Bersamanya yang dirilis lewat saluran YouTube pada 2014.

5. The Doctors



Unik dan menarik, pada 21 April 2005 empat dara jelita yang berkutat dengan materi kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta membentuk sebuah band yang diberi nama The Doctors. Empat perempuan tersebut adalah Alia (vokal), Rani (gitar), Indah (bass), Sheila (drum).

Dalam bermusik di tahun 2007 The Doctors diproduseri gitaris band BIP, Pay. The Doctor's menawarkan warna musik rock alternatif dengan lirik-lirik ceria.

The Doctors menelurkan album pertama mereka bertajuk 1st Is Magic pada 2008. Salah satu singel yang dirilis di dalamnya berjudul Salah Siapa. Lagu ini merupakan ciptaan dari tiga komposer, Pay, Lia dan Arie S. W.

 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

4 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA