Bantah Ciptakan Lagu #2019GantiPresiden, Eks Gitaris Boomerang Geram Namanya Dicatut

Purba Wirastama    •    21 Mei 2018 05:27 WIB
boomerang
Bantah Ciptakan Lagu #2019GantiPresiden, Eks Gitaris Boomerang Geram Namanya Dicatut
John Paul Ivan (Foto: Instagram @i_am_john_paul_ivan)

Jakarta: John Paul Ivan, mantan gitaris Boomerang, geram namanya dicatut sembarangan dalam artikel sebuah situs web. Artikel tersebut, yang kemudian dibantah oleh John, menyebutkan bahwa dirinya adalah pencipta lagu gerakan bertagar #2019GantiPresiden.

"Tolong ditindak, ini akun pribuminews.co.id sudah bikin pelecehan berita hoax," kicau John lewat akun Twitter @JPIxxx  kepada akun @DivHumas_Polri dan @CCICPolri, Sabtu malam, 19 Mei 2018.
 



Dalam foto berseri di Instagram, John membagikan data situs web tersebut. Tertulis bahwa pribuminews dengan domain co.id adalah media di bawah MePRindo Media Group yang beralamat di The Manhattan Square Building, Jakarta.


"Ini data sudah lengkap, sampai ketemu besok Senin siang ya cok, saya kunjungi kantormu. Siap siap saja," tulis @i_am_john_paul_ivan dalam keterangan foto.
 

"Saya sudah menunjuk pengacara Angga JS (@angga.js) sebagai pihak badan hukum yang ditunjuk untuk menindaklanjuti kasus ini dengan diproses secara hukum yang berlaku di NKRI. Terima kasih bagi semua teman yang sudah mendukung. Kebenaran harus ditegakkan. Stop berita hoax!" tulis John dalam foto lain yang menunjukkan "berita bohong" yang dimaksud.

Sejumlah situs lain yang diketahui berada dalam grup MMG atau punya afiliasi antara lain porosnews.com, jabarsatu.com, citrasurveiindonesia.co.id, jakartasatu.com, meditanews.com, edun.co.id, migasnesia.com, csr-indonesia.com, seni.co.id, serta energyworld.co.id.

Artikel di situs pribuminews, yang ditulis dengan judul "Jhon Paul Ivan Ciptakan #2019GantiPresiden Begitu Syahdu dan Meninju", mendeskripsikan riwayat John sebagai musisi legendaris yang pernah bermain gitar dengan "Guns and Roses, Scorpion, Bryan Adam".

Artikel ini juga menyebut bahwa "dunia rock dan musik tanah air terguncang saat beberapa stasiun radio mengumandangkan lagu tersebut" dan bahwa "pihak istana meminta untuk tidak diputar".

Setelah John memberi bantahan di media sosial tentang isi artikel, porosnews memuat artikel klarifikasi pada Minggu pagi, 20 Mei 2018. Mereka mengakui telah keliru mencatut nama.

"Berita ini kami sampaikan, bahwa ada kekeliruan soal Jhon Paul Ivan yang bukan pengarang lagu #2019GantiPresiden, tetapi adalah Johni Sang Alang. Dengan demikian kami sampaikan maaf dan kami juga sampaikan kata maaf kepada Jhon Paul Ivan dan kami terbuka menerima hak jawab," tulis pihak porosnews.

Artikel terbaru ini lantas menyebut nama pencipta lagu sebagai Jhoni Sang Alang, merujuk ke musisi era 1990-an yang akrab dipanggil Sang Alang.

 
(DEV)