Gejolak Batin Endah N Rhesa Tulis Lagu Ruang Bahagia

Agustinus Shindu Alpito    •    23 September 2016 15:51 WIB
endah n rhesafilm athirah
Gejolak Batin Endah N Rhesa Tulis Lagu Ruang Bahagia
Endah n Rhesa (Foto: Metrotvnews/Putu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Endah N Rhesa digaet untuk membuat lagu soundtrack film Athirah. Hasilnya, sebuah lagu bertema ibu dengan judul Ruang Bahagia.

"Mbak Mira Lesmana (produser film Athirah) kirim text ke saya, mereka (Miles Films) lagi bikin film tentang ibu. Mbak Mira ajak ketemuan, di saat ketemuan itu Mbak Mira menceritakan bahwa mereka sedang menggarap film Athirah yang tentang ibunya Pak Jusuf Kalla. Kami diceritakan panjang lebar dan kami dipercaya bikin original soundtrack," kata Rhesa saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan.

Rhesa menjelaskan bahwa proses kreatif penulisan lagu tak memakan waktu lama. Tetapi mereka harus menunggu momen tepat menulis lagu.

“Kami harus menunggu masa period Endah. Karena Endah punya kedekatan erat sama ibunya dan ibunya sudah almarhum.

Hal itu diamini Endah. Bagi perempuan yang eksentrik dengan kacamata berbingkai tebal itu, membuat lagu bertema ibu cukup membuat batinnya bergejolak.

"Ibu saya meninggal tahun 2005. Saya sebenarnya menghindari lagu dengan tema ibu. Baik itu mendengarkan ataupun membuat lagu bertema ibu. Lumayan sensitif. Tapi demi film ini akhirnya saya mencoba bikin. Entah mengapa begitu mendengar cerita dari Mbak Mira dan Mas Riri Riza, saya pikir kayaknya saya menunggu waktu period datang dulu. Akhirnya sekitar tiga minggu setelah itu, lagu ini baru tercipta,” urai Endah.

Soal proses kreatif yang dinanti Endah ketika datang bulan, dia mengaku hal itu bagian dari eksplorasinya sebagai seorang musisi.

“Entah mengapa saya pengin eksplor saja untuk bikin lagu pas period. Dan memang ceritanya sangat sentimentil buat saya. Jadi lumayan menarik dan puas dengan hasilnya.” katanya.

Film Athirah disutradarai oleh Riri Riza, dibintangi oleh Cut Mini, Christoffer Nelwan, Jajang C Noer,  Arman Dewarti, Indah Permata Sari, Tika Bravani, Nino Prabowo, Andreuw Parinussa. Film itu mulai beredar di bioskop pada 29 September 2016.




(ELG)