Upaya Sadiq Khan Lindungi Panggung Musik di London

Cecylia Rura    •    30 November 2017 07:00 WIB
musik
Upaya Sadiq Khan Lindungi Panggung Musik di London
Sadiq Khan (Foto: gettyimages)

London: Walikota London Sadiq Khan telah mempersiapkan rencana baru untuk melindungi bangunan-bangunan sejarah, termasuk tempat atau panggung musik di London.

Proposal ini akan melibatkan tanggung jawab dari pihak pengembang properti bangunan perumahan dekat dengan bar, kelab, maupun panggung musik untuk melengkapinya dengan fasilitas pengedap suara. Untuk itu mereka pun harus menyiapkan anggaran dana.

"Hampir semua bar berada di sekitar wilayah ibu kota, begitu dekat dengan komunitas dan bangunan bersejarah yang harus dilindungi oleh pihak berwenang setempat, ini dilakukan untuk menjaga ciri khas bangunan bersejarah di ibu kota," kata Sadiq, dikutip dari NME.

"Oleh karena itu, saya telah menentukan ukuran dalam draft rancangan 'London Plan' untuk melindungi bar dari tindakan pembangunan kembali/renovasi, memastikan bangunan tersebut dapat berdampingan dengan wilayah perumahan dengan damai. Juga, memastikan para dewan di sekitar ibu kota lebih memerhatikan pentingnya menjaga esensi budaya kota," lanjut Sadiq.

Beberapa tahun terakhir, warga yang sempat komplain terhadap kebisingan suara, bermukim dekat dengan area tempat bermusik di London berkunjung dan berwisata ke lokasi tersebut. Sebut saja Bussey Building, The Macbeth, The Troubadour, dan Ministry of Sound yang sempat mengalami pemugaran bangunan di masa lalu.

Sebelumnya, tanggung jawab biaya untuk pengurangan kebisingan suara merupakan kewajiban dari pemilik tempat. Namun, jika proposal Sadiq Khan telah resmi diterbitkan maka hal itu sudah bukan lagi menjadi masalah.

 


(ELG)