Rahasia Kenny G Tetap Prima Bermain Saksofon Sejak 1980-an

Cecylia Rura    •    06 November 2018 13:16 WIB
kenny g
Rahasia Kenny G Tetap Prima Bermain Saksofon Sejak 1980-an
Kenny G. (Foto: Dok. Husna Fauzi)

Jakarta: Kenny G termasuk musisi yang konsisten dalam dunia musik. Sejak menelurkan album debut self-titled (1982) bersama Arista Records, ia terus bermain musik jazz dengan saksofon hingga saat ini.

Musisi berusia 62 tahun rupanya memiliki kiat khusus untuk tetap tampil prima di atas panggung. Ia bukan tipikal musisi yang total melakukan geladiresik atau persiapan panggung saat jelang konser.

"Saya melakukan olahraga (rutin) bahkan hari ini. Saya pergi ke gym untuk berolahraga. Saya berlatih 2 jam sehari. Saya bangun sekitar pukul 7 atau 7.30 pagi dan saya mulai berlatih. Lalu saya sarapan," ungkapnya dalam sesi wawancara di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, Senin, 5 November 2018.

"Berlatih terlalu sering jelang konser bisa membuat saya kelelahan. Mungkin itulah kenapa saya suka berlatih. Ketika konser itu berlangsung, saya tidak terlalu banyak menghabiskan energi," sambungnya.

Soal makanan, Kenny G bahkan sangat teratur. Ia hanya menyantap sushi di mana pun ia berada ketika sedang melakukan tur atau menggelar konser.

"Setiap kali tur saya selalu suka menyantap masakan Jepang karena rasanya nyaman untuk perut saya. Setiap pukul 1 siang makan sushi," terangnya.

Selain makanan dan kesehatan, Kenny G tampak begitu memperhatikan keteraturan waktu di setiap konsernya. Pada Selasa, 6 November 2018 sekitar pukul 14.00 WIB Kenny G akan melakukan gladi resik di The Hall Kasablanka. Ia termasuk musisi yang tidak memiliki persiapan khusus tetapi disiplin waktu di setiap jelang konsernya.

"Saya akan menuju ke tempat konser sekitar pukul 2 siang, melakukan persiapan selama 2,5 jam. Lalu sound check selama 2 jam. Tidak ada spesial karena di setiap konser kami melakukan persiapan yang sama. Namun, bukan berarti Indonesia tidak spesial. Setiap kali kami akan konser, kami membuatnya spesial. Tidak ada tempat yang dibuat lebih spesial. Besok yang menjadi perhatian saya adalah konser di Jakarta," paparnya.

Konser Kenny G akan berlangsung mulai pukul 20.00 WIB. Sebelumnya, aksi panggung pemain saksofon asal Seattle itu akan dibuka dengan penampilan Ardhito Pramono selama 30 menit.

Setelah Jakarta, Kenny G akan menghibur penikmat musik soft-jazz di Singapura dan Bangkok.


 


(ELG)