Elephant Kind Rilis Album City J

Agustinus Shindu Alpito    •    21 September 2016 21:29 WIB
elephant kind
Elephant Kind Rilis Album City J
Elephant Kind Rilis Album City J (Foto: Twitter ElephantKind)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah merilis dua album mini, yaitu Scenarios: A Short Film by Elephant Kind (2014) dan Promenades: A Short Film by Elephant Kind (2015), grup musik Elephant Kind resmi melepas album penuh pertama mereka, City J.

Sebelumnya, mereka lebih dulu merilis dua singel dari album City J, yaitu Beat the Ordinary dan Montage. Dua singel itu menjadi gambaran bagaimana transformasi musikalitas Elephant Kind dalam album debut ini.

"Secara konsep dan musik, Elephant Kind terasa sangat berbeda dari dua EP sebelumnya. Konsep ‘short film’ kami kembangkan ke dalam sebuah cerita panjang yang di dalam album ini saling berkaitan. Begitu juga dengan musiknya, Elephant Kind yang dikenal dengan musik bernuansa tropical summer dengan sentuhan jungle bergeser ke sisi urban dan lebih pop," kata Bam Mastro, gitaris sekaligus vokalis Elephant Kind.

City J memuat 12 lagu. Beda dari proses kreatif dalam penggarapan album mini sebelumnya, dua personel lain yaitu Bayu (drummer) dan Dewa (synthesizer, gitaris) turut berperan dalam penulisan lagu.

Baca: Elephant Kind Band yang Menjanjikan

Keseriusan Elephant Kind dalam menggarap album debut ini juga tampak dari sosok yang mereka libatkan, yaitu Lee Buddle. Dia adalah seorang akademisi sekaligus praktisi musik, yang sempat mengajar Bam di Western Australian Academy of Performing Arts.

Buddle sempat menangani produksi musik musisi dunia, mulai dari Kelly Clarkson hingga Justin Bieber. Dalam album City J, Buddle dilibatkan sebagai mixing advisor dan juga untuk segi mastering.

Baca: Elephant Kind Merayakan Harapan dengan Musik

"Lee Buddle adalah sosok yang selalu membuat saya kagum ketika berbicara tentang musik. Dia punya teori sendiri dalam melihat musik pop dan perkembangannya. Dan yang lebih menyenangkannya lagi, sudut pandang itu bisa bersinergi dengan baik dengan album City J. Ini di mana ada keinginan dari kami untuk terasa lebih liar dan berbeda dalam balutan pop. Hasilnya, mengagumkan,” tukas Bam.

Materi album City J telah dapat didengar melalui berbagai layanan streaming musik, antara lain Apple Music, Spotify, Deezer, Yonder Music, dan Joox.




(ELG)