Cara Sisitipsi Mengekspresikan Sikap "Bomat!"

Purba Wirastama    •    22 Mei 2018 10:39 WIB
musik indonesiasingel baru
Cara Sisitipsi Mengekspresikan Sikap
Sisitipsi (Foto: Facebook)

Jakarta: Setelah grup Sisitipsi melepas singel terbaru berjudul Bomat!, video musiknya menyusul rilis pada Senin malam, 21 Mei 2018. Menurut para personel, hampir seluruh koreografi dalam video ini digarap secara spontan ketika berada di lokasi pada hari syuting. 

"Waktu berangkat ke lokasi buat syuting, kami belum tahu mau ngapain," kata vokalis Fauzan Lubis dalam jumpa pers di  Qubicle Centre, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 21 Mei 2018. 

Namun bukan berarti pengerjaan video tanpa persiapan. Sutradara Hendrick Ben menyebut dia dan tim menyediakan sejumlah elemen artistik serta beberapa barang untuk digunakan sebagai properti, termasuk sofa, bendera bertuliskan "bodo amat", serta beberapa potong kain. 

Sejumlah properti tersebut lantas digunakan keenam personel saat mengungkapkan ekspresi "bodo amat" masing-masing ke dalam video. Kibordis Hendar Dimas Anggara justru memilih tidak memakai properti selain kain dan mencopot baju atasan karena selalu bingung ketika hendak mencari kostum panggung. 

"Setiap kali manggung, gue selalu kesusahan cari baju buat menutup perut. Buat video klip ini pun, gue bingung nyari baju yang pas. Ya sudah, bodo amat enggak pake baju," ujar Angga. 

Tidak hanya personel, beberapa kawan yang kebetulan datang ke lokasi juga dilibatkan dalam video. Salah satunya yang memegang dua bendera dan mengirim pesan semafor. Satu kawan ini adalah pemain lenong di kampus. Beberapa saat sebelum syuting, dia belajar kode gerakan semafor untuk mengatakan "bodo amat".

Selain itu, ada juga pemain pantomim yang memang dilibatkan sejak awal. Pemain ini menginterpretasi "bodo amat" dalam rangkaian gerakan utuh. Karena alasan ini pula, Ben memilih video musiknya direkam secara utuh dalam satu shot tanpa potongan di tengah. 

Sekilas, orang-orang dalam video tampak "kacau" dengan aktivitas masing-masing. Namun menurut Ben dan Fauzan, setiap aktivitas punya pemaknaan "bodo amat" tersendiri. Ben juga menyebut bahwa dia ingin meneruskan energi penuh semangat yang dia dapat ketika menonton Sisitipsi di panggung. 

"Suatu hari gue terjebak di sebuah gig dan mereka (Sisitipsi) tampil sangat bagus. Mereka penampil yang energik, bisa mengajak orang bergoyang, talkative, dan setiap orang punya karakter buat jadi frontman. Perasaan itu yang ingin gue bawa ke video," kata Ben. 

Sisitipsi adalah Fauzan Lubis, Rian Rahman, Eka Wiji Astanto, Hendar Dimas Anggara, Amoroso Romadian, dan Aditiya Rahman. Bomat! merupakan singel pertama dari album kedua mereka, ML - Minta Lagi, yang akan dirilis dalam waktu dekat. 


 




(ASA)