Libatkan Eks Gitaris RHCP dan Soimah, Album Terbaru Dewa Budjana Dirilis Akhir 2018

Purba Wirastama    •    05 September 2018 19:44 WIB
album barudewa budjana
Libatkan Eks Gitaris RHCP dan Soimah, Album Terbaru Dewa Budjana Dirilis Akhir 2018
Dewa Budjana (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Dewa Budjana mengerjakan album solo ke-10 di AS pada awal 2018 lalu bersama sejumlah musisi panutannya, termasuk John Frusciante alias Trickfinger, eks gitaris Red Hot Chili Peppers. Album berjudul Mahandini ini direncanakan rilis akhir tahun ini, mundur enam bulan dari jadwal sebelumnya.

Mahandini memuat tujuh lagu garapan Budjana dan Frusciante. Tiga di antaranya adalah lagu dengan syair yang dinyanyikan oleh Frusciante dan Soimah. Empat lain adalah instrumental. Untuk satu lagu bersama Soimah ini, syair juga ditulis langsung oleh Soimah.

Selain Frusciante dan Soimah, musisi yang bergabung adalah kibordis Jordan Rudess (Dream Theater), drummer Marco Minneman, bassist Mohini Dey, serta gitaris Mike Stern.

"Musisi-musisi yang saya jadikan  panutan dulu, ya mereka itu, waktu saya mulai main band pertama kali. Sekarang saatnya saya melibatkan mereka – ya mereka yang berpengaruh banyak ke saya," kata Budjana dalam konferensi pers di studio Lemmon ID, Jakarta Selatan, Rabu, 5 September 2018.

Bagi Budjana, Soimah juga penyanyi besar dan sekaligus dia kenal.

"Mungkin ada nama-nama lain, tetapi Soimah sangat bisa diajak kerja sama. Artinya, saya bikin lagu, dia bikin liriknya dengan cepat," ungkapnya.

Menurut Budjana, judul "Mahandini" dipilih sebagai refleksi atas keterlibatan para musisi tersebut. Judul ini diambil dari kata "maha", yang bermakna besar, dan "nandini", yang bermakna kendaraan. Berbeda dengan album Zanctuary, judul album baru ini didapat sebelum rekaman.

"Saya anggap rekaman kemarin, bisa main dengan musisi-musisi Amerika seperti Rudess, Marco, atau Frusciante, mereka orang-orang besae. Buat saya, mereka itu maha, dan itulah kendaraannya – dan yang mendukung juga besar banget," tutur Budjana.

Materi album ini disiapkan selama sekitar dua bulan. Rekaman dikerjakan dalam satu hari secara live di AS. Proses mixing sudah tuntas sejak Juni lalu.

Jelang perilisan album, Budjana bersama Lemmon ID akan menggelar tur musik ke sejumlah kota di Indonesia. Bulan ini, mereka dijadwalkan tampil di Purwokerto, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, dan Solo.


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

5 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA