Authenticity Fest 2017, Meleburkan Musik dan Seni Kreatif di Lima Kota

Agustinus Shindu Alpito    •    25 Oktober 2017 11:13 WIB
festival musik
Authenticity Fest 2017, Meleburkan Musik dan Seni Kreatif di Lima Kota
Jumpa pers Authenticity Fest 2017 yang menghadirkan OomLeo dari Ruru Radio, Yoyo "Padi" dan Anes dari pihak promotor (Foto: Agustinus Shindu Alpito)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa waktu terakhir, beragam acara musik dengan aneka konsep hadir. Para penyelenggara pun seperti berpacu untuk menghadirkan acara yang sekiranya menarik bagi penggemar musik dan seni kreatif.

Jelang akhir tahun ini, Authenticity Fest 2017 digelar. Festival tahunan ini cukup mengejutkan dengan mengusung Padi sebagai bintang utama. Seperti diketahui, Padi telah tujuh tahun berpisah. Momen kembalinya Padi disambut oleh Authenticity Fest. Tidak tanggung-tanggung, Padi akan diboyong untuk tampil di empat kota besar, yaitu Palembang (PTC Mall) pada 11 November, Bandung (lapangan Pussenif) pada 18 November, Yogyakarta (lapangan Kridosono) pada 25 November dan Makassar (parkir Mall Pippo) pada 9 Desember. Sedangkan Authenticity Fest 2017 total digelar di lima kota, satu kota lainnya adalah Lampung (lapangan Saburai) pada 4 November.

Di Lampung, bintang utama yang diusung adalah grup pop-elektronik The Upstairs. Sedangkan di Palembang, selain Padi tentunya, akan hadir Danilla, The Upstairs dan Ari Lasso. Bintang yang disuguhkan di tiap kota berbeda-beda. Untuk penyelenggaraan di Bandung, Authenticity Fest akan menghadirkan band independen ikonik, Pure Saturday. Selain itu tampil pula Danilla, Mustache & Bread, Bottlesmoker dan Scaller.

Masuk ke kota Yogyakarta, festival ini menampilkan Danilla dan tentu Padi. Festival pamungkas akan digelar di Makassar dengan menghadirkan Danilla, Diskopantera. Kemudian ditutup dengan aksi nostalgia Padi.

“Saya berharap Authenticity bisa menjadi nutrisi terbaik di belantika musik Indonesia," kata Anes, promotor Authenticity Fest 2017, dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2017)”

Membawa tur Padi untuk pertama kali setelah mereka reuni bisa dibilang gebrakan menjanjikan. Drummer Padi, Yoyo, mengakui keterlibatan mereka dalam tur Authenticity Fest 2017 ini seperti berjodoh.

“Selama satu tahun terakhir kami (Padi) memang sedang menyusun manajemen sistem yang lebih baik. Dan tawaran juga kesempatan untuk tampil di Authenticity Fest 2017 ini pas banget momennya. Kami juga sudah kangen dengan Sobat Padi (sebutan penggemar Padi)," kata Yoyo.

Musik bukan satu-satunya suguhan dalam festival ini. Penyelenggara menggandeng komunitas seni Ruru Radio dan Komikazer. Melalui Ruru Radio, Authenticity mengakomodasi para seniman muda di setiap daerah yang disinggahi untuk terlibat dalam berbagai aktivitas, di antaranya mural, seni lukis wajah dan lain-lain.

“Ruru Radio berkoordinasi dengan komunitas seni di tiap daerah untuk ikut terlibat. Untuk penyelenggaraan di Jogja misalnya, kami mengajak Farid Stevy dan pasukannya untuk terlibat,” kata Narpati Awangga atau lebih dikenal dengan nama OomLeo, dari Ruru Radio.

Konsep peleburan antara seni visual kreatif dengan musik dalam festival ini disebut Anes akan terasa lewat panggung yang dibangun, juga area-area pada festival yang membuat pengunjung dekat dengan para pelaku seni, bahkan dapat berpartisipasi dengan ragam kegiatan seni yang digelar.


(DEV)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

1 day Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA