Dewa Budjana Ajari Keyboardist Dream Theater Lagu Gundul Pacul

Agustinus Shindu Alpito    •    01 Oktober 2017 09:46 WIB
jogjarockarta
Dewa Budjana Ajari Keyboardist Dream Theater Lagu Gundul Pacul
Dream Theater (Foto: dok. Rajawali Indonesia Communications)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dream Theater memberikan kejutan saat tampil di Stadion Kridosono, Yogyakarta, dalam festival musik JogjaROCKarta, pada Sabtu (30/9/2017). Keyboardist Jordan Rudess menyelipkan sepenggal nada lagu Gundul Pacul  pada tengah penampilan Dream Theater.

Penonton pun kaget atas aksi Rudess dan secara spontan menyanyikan lagu berbahasa Jawa itu.

Lantas siapa yang memperkenalkan lagu Gundul Pacul  itu kepada Rudess? Jawabannya adalah Dewa Budjana!

Pada Sabtu (30/9/2017), Dewa Budjana mengunggah video singkat ke Instagram yang mempertontonkan dirinya tengah bersama Rudess di hotel tempat para personel Dream Theater menginap. Dalam video itu tampak Budjana dan Rudess mengeksplorasi musik, namun tidak terdengar nada lagu Gundul Pacul  di sana.

Setelah Dream Theater tampil, tepatnya pada Sabtu (30/9/2017) dini hari, jurnalis musik Adib Hidayat mengonfirmasi kepada Budjana soal sesi latihan mendadak Rudess belajar lagu daerah Indonesia itu. Sejurus kemudian, Budjana mengirim video yang mempertontonkan dirinya tengah bersama Rudess memainkan nada Gundul-Gundul Pacul. Video itu lantas diunggah ke akun Twitter pribadi Adib Hidayat.
 
Dalam video berdurasi 14 detik itu tampak Rudess sedang berada di sebuah ruangan dan fasih memainkan bagian lagu Gundul-Gundul Pacul.

Dream Theater tampil selama tiga jam. Mereka membawakan seluruh materi lagu dari album Images and Words, hal itu terjadi lantaran kedatangannya ke Indonesia kali ini merupakan bagian dari tur perayaan 25 tahun album Images and Words. Sebelum Dream Theater naik panggung pukul 20:30, lebih dulu tampil sejumlah band cadas lokal, di antaranya Burgerkill dan Roxx.
 


(DEV)