RM 'BTS' Tembus Rekor Penjualan di Amerika

Purba Wirastama    •    01 November 2018 07:00 WIB
k-popBTS
RM 'BTS' Tembus Rekor Penjualan di Amerika
Rap Monster (Foto: via allkpop)

California: K-pop melanda negeri Paman Sam, salah satunya lewat mixtape bertajuk "mono" dari penyanyi pentolan grup BTS, Kim Nam-joon alias RM. Dalam waktu tiga hari sejak dirilis, album ini langsung melesat ke peringkat 26 dalam tangga album mingguan Billboard 200 di AS.

Mono dirilis secara digital, baik berbayar maupun unduhan gratis, pada 23 Oktober 2018. Menurut laporan Billboard berdasarkan data Nielsen, album ini mencapai angka "penjualan" setara 21 ribu unit selama tiga hari pertama.

Jumlah ini dihitung dalam periode mingguan berdasarkan angka penjualan tradisional dan konsumsi streaming/unduhan lagu setara satu album. Angka penjualan tradisional mencapai 16 ribu unit.

Rekor ini termasuk menarik karena Mono tidak dirilis pada Jumat atau akhir pekan seperti album-album biasanya, melainkan pada hari Selasa. Apalagi, pihak RM baru mengumumkan album ini dua hari sebelum rilis.

Capaian ini memecahkan rekor K-pop di AS sebelumnya yang dipegang oleh J-Hope, rekan RM di BTS, lewat album Hope World. Album tersebut dirilis pada Maret dan naik hingga peringkat 38.

Personel grup EXO, Lay, juga merilis album solo Namanana yang menembus peringkat 21 dalam Billboard 200 pekan lalu. Namun album ini tak terhitung K-Pop karena direkam dalam bahasa Tiongkok dan Inggris.

Mono memuat tujuh lagu baru RM. Tiga lagu adalah kolaborasi dengan musisi lain, yaitu Honne, eAeon, dan Nell.

 


(ELG)