Alasan Tulus Menerjemahkan Lagu Sepatu ke Bahasa Jepang

Cecylia Rura    •    21 November 2017 12:46 WIB
tulus
Alasan Tulus Menerjemahkan Lagu Sepatu ke Bahasa Jepang
Tulus saat berkunjung ke kantor Media Indonesia, Minggu, 19 November 2017 (Foto: MI/Agung)

Jakarta: Salah satu singel Tulus yang berjudul Sepatu  diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, menjadi Kutsu. Ditemui Metrotvnews.com belum lama ini, Tulus mengaku sebenarnya ada beberapa lagunya yang juga diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang.

"Sebetulnya sudah ada beberapa lagu yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Tetapi lagu Kutsu  ini yang terjemahannya paling sempurna. Kenapa? Karena maknanya dalam bahasa Indonesia sama sekali tidak bergeser ketika disadur ke dalam bahasa Jepang. Sementara lagu-lagu yang lain masih 70 sampai 80 persen," kata penyanyi berdarah Minang ini.

Sepatu  masuk dalam katalog lagu di album kedua Tulus yang bertajuk Gajah. Album ini dirilis pada 22 Agustus 2013. Dua tahun kemudian, singel Kutsu  dirilis.

Menerjemahkan lagunya ke bahasa asing dianggap Tulus dapat membuka jalan untuk mempromosikan bakat masyarakat Indonesia ke negara lain.

"Biar orang-orang Jepang terutama yang muda-muda seperti kita nggak cuma tahu Bali, tetapi juga tahu musiknya," jelas Tulus.

Menurutnya, banyak orang Jepang yang mengikuti ekstrakurikuler bahasa Indonesia, tetapi hanya sedikit yang benar-benar mengenal Indonesia.




(DEV)