Musik Metro

Makna Kemerdekaan bagi Barasuara

Agustinus Shindu Alpito    •    16 Agustus 2017 12:48 WIB
musik metro
Makna Kemerdekaan bagi Barasuara
Barasuara (Foto: MI/Permana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi grup musik Barasuara, kemerdekaan menjadi bermakna ketika tak hanya dirayakan secara simbolis. Iga Massardi, pentolan grup musik tersebut berharap kemerdekaan juga terealisasi untuk dunia musik dan seni.

"Kemerdekaan kalau untuk seniman, ketika kita bisa membuat karya dengan aspirasi yang tidak dikekang. Benar-benar lepas," ujar Iga saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu (16/8/2017).

"Karena seni hakekatnya adalah kemerdekaan pikiran, bisa lepas dari aneka macam belenggu. Menjadi piranti atau alat untuk menyampaikan pendapat, aspirasi, kritik sosial dan politik. Intinya kita bisa membuat apapun tanpa dikekang sistem," tambah dia.

(Baca: Musik Metro Kembali Hadir di Hari Kemerdekaan)

Iga mengaku beruntung lahir pada era dimana seniman bisa berkarya tanpa tekanan. Namun, bukan berarti tanpa konsekuensi.

"Sekarang yang jadi masalah justru karena kebebasan ini jadi membelenggu kita sendiri. Jadi memang harus dibarengi dengan filter dan norma agar tidak saling menyakiti atas nama kebebasan," pungkasnya.

Barasuara menjadi salah satu penampil di acara Musik Metro yang akan berlangsung di Summarecon Mall Serpong, Kamis, 17 Agustus 2017.

Musik Metro kali ini merupakan kali kedua yang diadakan Metrotvnews.com, bekerjasama dengan ICW.

Acara yang diharapkan bisa terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang ini memiliki misi menumbuhkan dan memperkuat semangat persatuan dan kesatuan, serta mengajak masyarakat untuk mendukung pemberantasan korupsi.


(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

6 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA