Barasuara Bawakan Lagu Baru di Taifun Tour 2016

Agustinus Shindu Alpito    •    03 Mei 2016 09:20 WIB
barasuara band
Barasuara Bawakan Lagu Baru di Taifun Tour 2016
Barasuara (Foto: Metrotvnews.com/ Agustinus Shindu Alpito)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Barasuara baru saja menyelesaikan konser pertama di Yogyakarta, pada Senin (2/5/2016). Penampilan grup rock asal Jakarta ini merupakan rangkaian dari Taifun Tour 2016 yang terselenggara di enam kota.

Meski sempat terkendala masalah pindah lokasi secara mendadak, konser yang pada akhirnya digelar di Liquid Bar & Kitchen itu berjalan sukses. Ratusan penggemar Barasuara tampak antusias, terlihat dari penuhnya lokasi sejak sore hari.

Tampil membawakan sepuluh lagu, grup yang digawangi Iga Massardi (vokalis, gitaris), Marco Steffiano (drummer), Gerald Situmorang (bassist), TJ Kusuma (gitaris), Puti Chitara (vokalis), dan Asteriska (vokalis), ini memberi beberapa kejutan. Salah satunya, dengan membawakan lagu baru bertajuk Samara.

"Ini lagu baru kami, kami sudah latihan sejak beberapa bulan lalu dan ini kali pertama membawakannya," kata Iga disambut teriakan penonton.


Aksi panggung Barasuara di Yogyakarta. (Foto: A. Shindu Alpito)

Sebelumnya, dalam wawancara dengan Metrotvnews.com sebelum tampil, Iga menjelaskan bahwa Samara merupakan lagu yang ditulisnya karena terinspirasi suatu tempat.

"Lagu Samara ini bagaimana melihat hidup lebih luas, lalu saya mencari tahu ada apa di kota Samara itu, ternyata ada kesamaan linguistik dan visual. Itu dasar orang kenapa traveling. Tempat itu seperti memancing lo untuk melakukan sesuatu. Gue belum pernah ke tempat itu, memang absurd, tapi buat gue jelas banget dan gue menuangkannya dengan musik," kata Iga.

Ini bukan kali pertama Barasuara memiliki lagu yang terinspirasi sebuah tempat. Dalam album debut mereka, Taifun, terdapat sebuah lagu berjudul Hagia yang terinspirasi dari Hagia Sophia, sebuah bangunan suci yang terdapat di Turki.

"Buat saya musik selalu sinematis. Gue selalu punya bayangan visual. Dengan mencatut nama tempat yang punya lanskap bagus, membantu gue untuk bisa menggali (kreativitas menulis lagu)," imbuh Iga.

Lagu Samara akan dibawakan dalam lima kota tersisa dalam Taifun Tour 2016, yaitu Malang (4 Mei 2016), Surabaya (6 Mei 2016),  Solo (10 Mei 2016), Bandung (13 Mei 2016), dan Jakarta (15 Mei 2016). 


(DEV)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA