Rilis Singel Baru, Stinky Gandeng Yoda Gantikan Andre

Purba Wirastama    •    14 Mei 2018 21:47 WIB
musik indonesiasingel baru
Rilis Singel Baru, Stinky Gandeng Yoda Gantikan Andre
Formasi baru Stinky (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Jakarta: Empat tahun tak merilis karya baru, grup musik pop Stinky kembali ke belantika musik dengan merilis singel Kepastian Darimu. Kali ini, Stinky menggandeng vokalis baru jebolan ajang Indonesian Idol, Prattyoda Bhayangkara alias Yoda. 

Singel ini sebenarnya sudah dirilis di sejumlah platform digital sejak tiga minggu lalu. Video musik versi lirik juga telah tersedia di YouTube dan mendapat respons positif dari sejumlah penggemar.

Dari segi vokal, ada sentuhan rock yang dibawa Yoda untuk musik pop khas Stinky. Hal ini pun diakui Irwan Batara, bassist dan pendiri grup sejak 1992.

"Stinky bertahan dengan musiknya, Yoda masuk, dan kita gabungkan. Jadi Yoda enggak ikut kita, kita enggak ikut Yoda. Jadi pop rock mungkin ya," kata Irwan dalam jumpa pers di kawasan Mangga Dua, Jakarta, Senin, 14 Mei 2018. 

Bahkan mereka telah menyiapkan satu singel lagi yang lebih rock. 

"Kami sudah bikin dua singel. Satu lagi sudah selesai, jadi begitu promo ini selesai, kami lanjut singel kedua, tinggal dilepas. Nanti kami main lebih ke rock n roll. Otomatis dengan ada Yoda, Stinky lebih nge-rock, sudah tidak pop yang menye-menye lagi," ujar Irwan. 

Proses pengerjaan lagu terhitung singkat tak sampai sepekan. Menurut Irwan, lagu ini ditulis dalam waktu 10 menit. Setelah itu, mereka melakukan rekaman selama dua hari. 

Dalam pekan ini, Stinky akan merilis video musik lain untuk Kepastian Darimu. Kisahnya mengenai kisah cinta seorang tentara yang harus memenuhi tugas sebagai prajurit militer negara. Tampaknya kisah ini terinspirasi oleh salah satu komentar penonton video musik lirik yang telah dirilis di YouTube. 

Stinky berdiri pada 1992 dan baru mendapat kontrak dari label pertama mereka pada 1995. Mereka telah merilis sembilan album penuh non kompilasi sejak 1997. Album terakhir adalah Aku Hanya Manusia yang dirilis pada 2010. 

Kini Stinky jalan dengan formasi tiga personel, jika Yoda belum dihitung. Selain Irwan, ada dan Edy Suryo (drum) dan Helman "Nanno" Maulana (gitar). Belum lama ini, Ndhank Hartono (gitar) keluar dari grup. 




 




(ASA)