Radiohead Ungkap Masa Sulit Ketika Membuat Album A Moon Shaped Pool

Agustinus Shindu Alpito    •    02 Juni 2017 16:34 WIB
radiohead
Radiohead Ungkap Masa Sulit Ketika Membuat Album A Moon Shaped Pool
Radiohead (Foto: reuters)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski telah cukup lama mengarungi asam-garam di dunia musik, Radiohead mengaku terus menemukan tantangan-tantangan baru. Salah satunya yang mereka alami ketika rekaman album kesembilan, A Moon Shaped Pool yang dirilis pada Mei 2016.

Apa yang dihadapi Radiohead bukan perkara teknis, melainkan mental mereka yang menghadapi beragam tekanan dari masalah-masalah yang terjadi di luar musik. Dalam wawancara dengan Rolling Stone, gitaris Ed O'Brien menceritakan bahwa Radiohead mengalami kesulitan saat rekaman album itu.

"Kami tidak dalam posisi untuk berbicara tetang itu, ketika album dirilis. Kami tidak ingin mengatakan bahwa album ini sulit dibuat. Kami saat itu rapuh, tetapi kami harus beradaptasi."

"Ketika semua sudah berlalu, saya tidak ingin lagi membicarakan hal itu. Saya merasa apa yang terjadi belum sepenuhnya 'mengendap.' Itu adalah masa-masa yang sulit," kata O'Brien.

Mantan istri Thom Yorke - vokalis Radiohead - meninggal tujuh bulan setelah album itu dirilis. Perempuan bernama Rachel Owen itu bergulat melawan kanker ketika Radiohead dalam masa rekaman.

"Banyak hal-hal sulit kala itu, dan itu menjadi masa yang sukar bagi kami. Ajaib album dapat selesai," kata Thom Yorke.

Pada tahun ini, album ikonik OK Computer milik Radiohead berulang tahun ke-20. Untuk merayakan dua dekade perilisan album itu, mereka merilis kembali album OK Computer, lengkap dengan edisi eksklusif.

 


(ELG)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

5 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA