Aretha Franklin Berencana Buat Album Bersama Stevie Wonder, Lionel Richie, dan Elton John

Agustinus Shindu Alpito    •    02 Juni 2017 18:42 WIB
aretha franklin
Aretha Franklin Berencana Buat Album Bersama Stevie Wonder, Lionel Richie, dan Elton John
Aretha Franklin (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyanyi senior Aretha Franklin berencana mengerjakan album baru dengan melibatkan sejumlah musisi top, antara lain Stevie Wonder, Elton John, Lionel Richie, dan Yitzhak Perlman.

"Lionel mengerjakan bagiannya, Stevie mengerjakan bagiannya, mereka berdua orisinal," kata Franklin kepada Billboard.

Franklin mendapat julukan "Ratu Soul," perempuan berusia 75 tahun itu juga menduduki peringkat pertama dalam daftar The Greatest Singers versi majalah Rolling Stone.

"Saya sedang mengerjakan beberapa hal. Saya pikir ada sepuluh (lagu) dalam (album) itu, mungkin sebelas, tetapi menurut saya sepuluh," lanjut Franklin.

Sejauh ini belum diketahui judul dari album itu, yang jelas album ini akan menjadi album penerus dari Aretha Franklin Sings the Great Diva Classics yang dirilis pada 2014, dan menjadi album pertama yang memuat materi-materi baru sejak album Aretha: A Woman Falling Out of Love yang dirilis pada 2011.

Saat ini, Franklin memang pensiun dari aksi panggung, namun bukan berarti dia berhenti bermusik.

"Setelah melakukan perjalanan, terbang, dan melakukan segala yang sangat melelahkan selama 54 tahun, bahkan bis tur menyita waktu yang lama dari diri saya. Saya tidak bahagia (terus-menerus seperti itu). Saya juga tidak bahagia jika tidak mengerjakan apa-apa setelah apa yang sudah saya jalani selama 54 tahun yang benar-benar saya cintai (bermusik). Tetapi segala sesuatu ada masanya. Tidak ada yang abadi," lanjut Franklin.

Selain mempersiapkan album, Franklin berencana melanjutkan proyek biopik dan museum yang menyimpan berbagai memorabilia dirinya. Rencananya museum itu akan didirikan di Detroit.

Kota Detroit memberikan penghargaan khusus untuk Franklin dengan menamai salah satu jalan di kota itu dengan nama Aretha Franklin Way. Peresmian nama jalan itu akan digelar pada 8 Juni mendatang.

 
(ELG)