Pengaruh Afgan dan Agnez Mo di Album Perdana Maestro Harpa Rama Widi

Elang Riki Yanuar    •    11 Oktober 2017 17:17 WIB
musik indonesia
Pengaruh Afgan dan Agnez Mo di Album Perdana Maestro Harpa Rama Widi
Rama Widi (Foto: metrotvnews/elang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rama Widi akhirnya merilis album solo perdananya pada Selasa, 10 Oktober 2017. Maestro harpa Indonesia ini memberi judul album perdananya, Let The Music Play.

Rama tak mau main-main membuat album ini. Dia melakukan riset hingga dua tahun agar bisa diterima pendengar di Indonesia. Hasilnya cukup memuaskan. Rama tidak sekadar menyuguhkan instrumen harpa, tapi memasukkan alat musik lain. Jenis musik yang dia tampilkan pun beragam, mulai dari memasukkan unsur pop hingga musik tekno.

"Konsep albumnya 'campur sari', semua ada. Memadukan instrumen klasik dan tekno, ada popnya juga. Lebih crossover. Rekamannya sudah jadi dua tahun lalu. Cuma aku kebanyakan riset dengan pasar Indonesia jadi banyak yang berubah," kata Rama Widi saat ditemui di Menteng, Jakarta.

Dalam album yang direkam di Hungaria dan Indonesia ini, Rama juga berkolaborasi dengan Narendra Pawaka (Eda) dan diiringi oleh Budapest Scoring Orchestra. Lagu-lagu yang dia buat pun berawal dari pengalaman pribadinya.

"Hampir seluruh lagunya mempunyai cerita, dan diangkat dari kisah pribadi saya sendiri. Saya bercerita melalui lagu-lagu yang ada di album ini," ujarnya.

Terdapat sembilan repertoar di album ini. Yang spesial juga Rama ikut bernyanyi di lagu Kuingin dan Let the Music Play. Ini pertama kalinya Rama bernyanyi setelah puluhan tahun hanya bergelut dengan harpa. Rama mengaku banyak mendapat referensi ketika menggarap album ini selain tentunya dari musisi klasik. Khusus vokal, Rama mengaku terinspirasi dengan Afgan.

"Kalau kriteria suara aku lebih terpengaruh ke Afgan, suaranya pop banget. Lagu-lagu Agnez Mo yang zaman dulu juga. Kalau penyanyi sekarang itu Raisa," urainya.

Lewat album ini, Rama berharap instrumen harpa lebih banyak dikenal di Indonesia. Secara pribadi, dia memasang target album ini meraih penghargaan.

"Harpa sekarang sudah makin berkembang. Aku mau orang Indonesia lebih kenal aku. Lebih kenal personal aku dari segi musiknya. Jadi targetnya bukan dari berapa banyak kopi album yang terjual. Tapi bisa menang di AMI Award atau penghargaan lain," tutupnya.


 


(ELG)