Perluas Jaringan, Musisi Independen Jepang Bentuk Lembaga Koalisi

Cecylia Rura    •    16 Maret 2018 07:00 WIB
band indie
Perluas Jaringan, Musisi Independen Jepang Bentuk Lembaga Koalisi
Ilustrasi band indie Jepang, Yot Got a Radio (Foto: via japantimes)

Tokyo: Sejumlah musisi, produser dan label independen di Jepang bersatu dengan membentuk Koalisi Musik Independen Jepang (IMCJ) pada Rabu, 21 Maret 2018. Organisasi ini dibentuk untuk mendukung aktivitas para musisi indie sekaligus penjualan karya musik indie di Jepang.

Grup IMCJ merupakan gabungan dari tiga lembaga yang sudah ada, yakni Independent Records and Musicians Association, Independent Label Council Japan dan Japan Net Creators Association. Beberapa label rekaman indie, agregator dan sejumlah organisasi lain dikabarkan ikut bergabung.

IMCJ nantinya akan mewakili komunitas musik indie di Jepang sebagai asosiasi perdagangan nasional dari Worldwide Independent Network (WIN), atas nama asosiasi yang ada seperti Federasi Produser Musik Jepang yang sebelumnya memegang keanggotaan WIN.

Pihak agensi hak digital global Merlin Network telah memberikan dukungannya dan telah membuka kantor di Jepang pada Oktober 2016.

IMCJ rencananya berperan menampung suara musisi indie Jepang secara kolektif, dengan harapan dapat meningkatkan hak-hak label independen dan produsen, jaringan dengan organisasi WIN serta perdagangan di seluruh dunia sekaligus mendorong pengembangan database komprehensif repertoar independen.

Sinergi ini juga dapat membantu dalam mengeksploitasi dan mempromosikan konten anggotanya, memfasilitasi layanan profesional dan teknologi serta berhubungan dengan pemerintah.

"Meskipun menjadi pasar rekaman musik terbesar kedua di dunia, selama saya berkarier dalam beberapa dekade di bisnis musik saya telah mendengar dua pesan sederhana dari komunitas musik asing: 'Pasar musik Jepang terlalu sulit untuk dipahami' dan 'terlalu sedikit suara dari Jepang'. Ini adalah niat awal saya untuk mengomunikasikan suara kolektif dari Jepang ke komunitas global dan sebaliknya," ungkap co-founder sekaligus CEO IMCJ, Takashi Kamide, dikutip dari Billboard.

Sementara itu CEO WIN, Alison Wenham menyambut baik keikutsertaan organisasi baru ini.

"Saya senang rekan-rekan Jepang kami telah menciptakan koalisi pertama dari kepentingan independen untuk diwakili oleh IMCJ. Dalam pasar global yang cepat, kami benar-benar bersemangat dengan kesempatan untuk bekerja sama dengan IMCJ, mendukung pekerjaan mereka dalam mengembangkan wilayah Pan Asia, untuk membantu dalam penciptaan asosiasi perdagangan baru, dan untuk memajukan pengetahuan dan pemahaman tentang pasar untuk semua perusahaan independen di dunia," ungkapnya.




 


(ELG)