SZA Mengaku Tak Suka dengan Album Ctrl Miliknya

Cecylia Rura    •    01 Maret 2018 16:13 WIB
musik barat
SZA Mengaku Tak Suka dengan Album Ctrl Miliknya
SZA (Foto; via mtv)

Jakarta: Normal kalau seorang seniman begitu kritis dengan karyanya sendiri. Penyanyi SZA contohnya.

Baru-baru ini, pelantun Love Galore itu mengungkapkan bahwa ia tak menyukai album Ctrl miliknya yang dirilis pada 9 Juni 2017 lalu. Ia bahkan merasa heran ketika beberapa pendengar merasa terhubung dengan album Ctrl. Hal ini diungkapkan olehnya kepada majalah The Fader saat didapuk menjadi kaver majalah.

"Saya tidak begitu menyukai album saya sendiri. Saya merasa kebingungan dan seperti ingin marah, kepada orang yang begitu menyukai album saya," kata SZA seperti dilansir dari laman MTV.

SZA mengatakan album tersebut menceritakan tentang segala sesuatu yang salah pada dirinya.

Penyanyi berusia 27 tahun itu juga mengungkapkan ketika Donald Glover mengirimkan pesan dan mencari tahu apakah SZA percaya karya musiknya tak sebagus yang dipikirkan.

"Ketika (lagu) Love Galore mendapatkan platinum, Donald (Glover) memberi saya pesan, 'Anda masih berpikir album itu kurang bagus?'" kata SZA. Ia bahkan belum bisa memutuskan apakah album itu benar-benar buruk atau tidak.

Meski SZA merasa kurang puas dengan albumnya, tapi karyanya begitu dekat dengan pendengar musik.

Situasi itu tak mengubah fakta soal perjalanan SZA merilis debut album studionya yang dipenuhi rintangan ketika menjadi satu-satunya penyanyi perempuan di Top Dawg Entertainment (TDE).

SZA memaparkan alasan ia sempat mengeluarkan cuitan bahwa ia telah keluar dari Top Dawg Entertainment dan bagaimana rasanya menjadi satu-satunya perempuan di industri (musik) dikelilingi banyak pria.

"Anda dipaksa untuk bertemu dengan banyak orang baru," ungkap SZA.

"Kebanyakan dari mereka adalah pria. Belum pernah rasanya berada dalam situasi yang dinamis, gila rasanya. Hal itu bisa membuat Anda gila ketika Anda tidak mengerti bagaimana memanfaatkan kesempatan itu."

"Saya seolah membuat diri saya seperti mereka, tetapi hasilnya berantakan."

Album Ctrl sudah dipersiapkan sejak 2015. Namun,  kondisi kesehatan SZA saat itu mengalami semacam kelumpuhan disebabkan rasa gelisah berlebih. Penyanyi bernama lengkap Solána Imani Rowe itu lalu kembali mengerjakan albumnya hingga akhirnya perusahaan rekaman merilis albumnya pada 2017.


 


(ELG)