Björk Hingga Nine Inch Nails, Referensi Musik Opick

Agustinus Shindu Alpito    •    08 Juni 2017 13:06 WIB
opick
Björk Hingga Nine Inch Nails, Referensi Musik Opick
Opick (Foto:Anindya Legia P)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski dikenal sebagai musisi yang dekat dengan lagu-lagu Islami dan bernuansa religus, Opick ternyata memiliki referensi musik yang luas. Pria yang sudah aktif di industri musik sejak era 1990-an itu mengaku menyukai musik rock hingga metal.

"Saya mendengarkan Radiohead, Bjork, Rammstein, Nine Inch Nails, Jim Morrison, musik hardcore. Yang menarik adalah musik mereka ekspresi dari kemarahan, luka, keberanian, juga ekspresi melihat alam. Mulai dari melihat binatang, bumi, ranting, pohon, melihat manusia," kata Opick saat ditemui dalam perilisan album terbarunya, Allah Bersamamu, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Opick kembali menegaskan bahwa dirinya bisa menikmati berbagai bebunyian, apapun wujud suaranya.

"Saya bisa menikmati. Saya tidak ada bunyi saja menikmati, apalagi ada bunyi," tegas Opick.

Penyanyi yang terkenal lewat lagu Tombo Ati  itu lantas menceritakan masa mudanya yang akrab dengan karya musik dari Peter Gabriel, dab Bruce Springsteen. Referensi itu sudah didengar Opick ketika masih tinggal di Jember, Jawa Timur.

Saat ditanya bagaimana Opcik bisa mendapatkan referensi yang luas, dia menjawab sembari tertawa, "Kebetulan saya dulu tukang sapu di studio, jadi banyak kaset saya dengarkan."

Di era 1990-an, Opick dikenal sebagai personel dari sebuah grup rock bernama Timor. Band itu pun sempat dibesut oleh produser kenamaan era itu, Log Zhelebour. Dalam perjalanannya, Opick memutuskan menekuni jalur musik yang bernafaskan religi. Hingga saat ini, Opick telah merilis 12 album penuh bertema religi.

 


(DEV)