Ijen Summer Jazz 2018 Tawarkan Pemandangan Magis dengan Ratusan Patung Tembikar

Purba Wirastama    •    13 September 2018 15:19 WIB
Ijen Summer Jazz
Ijen Summer Jazz 2018 Tawarkan Pemandangan Magis dengan Ratusan Patung Tembikar
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah) bersama tim Ijen Summer Jazz 2018 dalam konferensi pers (dok Jazz Gunung Indonesia)

Jakarta: Pagelaran musik alam terbuka Jazz Gunung Ijen atau Ijen Summer Jazz akan digelar kembali di Banyuwangi pada 22 September 2018. Dalam tahun ketiga ini, Ijen Summer Jazz mengusung konsep dekorasi baru, yaitu pemandangan sawah dengan ratusan patung terakota atau tembikar.

Ijen Summer Jazz digagas dan dikelola Jazz Gunung Indonesia (JGI), perusahaan pertunjukan yang juga menggelar Jazz Gunung Bromo sejak 2008. Pagelaran jazz sehari ini telah digelar empat kali sejak 2016. Pada tahun pertama, pertunjukan digelar tiga kali.

Menurut keterangan pers yang diterima Medcom.id, Ijen Summer Jazz 2018 tetap mengambil lokasi Jiwa Jawa Resort Ijen. Namun, acara dipusatkan di Amfiteater Taman Gandrung Terakota, yang mana punya area lebih luas dan menawarkan pemandangan berbeda.

Di situ, sembari menikmati jazz, penonton bisa melihat ratusan patung tembikar berwujud penari gandrung yang tersebar di area persawahan setinggi 600 mdpl.

Gandrung adalah salah satu tari klasik khas Banyuwangi. Tarian ini biasanya dibawakan sebagai wujud syukur masyarakat setempat atas panen hasil pertanian. Penarinya mengenakan pakaian dengan selendang panjang dan kipas di tangan.

Sosok penari gandrung perempuan diabadikan dalam sejumlah patung di kawasan Banyuwangi. Salah satu yang populer adalah patung besar berwarna dominan merah, yang bisa ditemukan di pinggir Jalan Situbondo-Banyuwangi, dekat Pantai Watudodol.

Belum ada informasi lanjut seberapa besar ratusan patung gandrung yang hendak dipamerkan dalam Ijen Summer Jazz 2018. Namun bisa dibayangkan pemandangan magis yang bisa tampak.

Ijen Summer Jazz 2018 akan selama sehari pada Sabtu, 22 September 2018. Sejumlah penampil utama antara lain Andien, Shadow Puppets yang akan tampil bersama Marcell Siahaan, serta Idang Rasjidi & The Next Generation bersama Mus Mujiono dan Sastrani. Pagelaran dimulai sejak sore dan dibuka dengan penampilan Sendratari Meras Gandrung pimpinan Haidi Bing Slamet.

 
(ELG)

Di Balik Lirik Nakal Jamrud

Di Balik Lirik Nakal Jamrud

1 day Ago

Selama 50 menit Azis blak-blakan bercerita tentang lagu-lagu yang pernah ditulisnya, termasuk l…

BERITA LAINNYA