Musisi yang Sukses Melebarkan Sayap di Beberapa Grup Musik

Cecylia Rura    •    08 November 2017 08:10 WIB
musik
Musisi yang Sukses Melebarkan Sayap di Beberapa Grup Musik
Paul McCartney (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dedikasi seorang musisi untuk berkiprah di dunia seni musik seolah tanpa batas. Beberapa di antaranya bahkan mampu membuat warna musik mereka sangat berpengaruh kepada yang bukan penikmat musik sekalipun.

Di tengah asyik berkiprah dalam musikalisasi, tak jarang mereka juga butuh melakukan hal-hal di luar dugaan untuk mencari inspirasi dalam bermusik.

Seperti beberapa musisi berikut yang sukses lewat kerjasama dan relasi bersama musisi lainnya. Mengutip laman nydailynews.com, deretan musisi berikut sukses berkarier melalui beberapa proyek band yang ditangani.

1. Paul McCartney

Bukan rahasia lagi jika Paul McCartney sempat keluar dari grup The Beatles. Setelahnya, ia tetap bermusik bersama band berjuluk Wings pada 1971.

Debut rekaman mereka yang berjudul Wild Life berada pada posisi puncak dalam charts musik Amerika. Di samping itu, McCartney pun bekerja seorang diri sebagai solois. Di setiap konsernya, McCartney selalu membawakan lagu Wings dan The Beatles.

Meski Wings disinyalir melahirkan beberapa karya hebat, kesan The Beatles tetap melekat padanya.

2. Jack White

Jack bisa dibilang sebagai salah satu gitaris terbaik yang bermain di beberapa grup band. Gaya vintage diiringi alunan rock khas dari Jack dengan petikan gitarnya mulai didengungkan ketika ia bergabung bersama The White Stripes di awal tahun 2000-an.

Alunan musik Jack diputar di radio populer seperti Seven nation Army dan Icky Thump.

Beberapa grup band The Racounteurs dan The Dead Weather  sempat merasakan campur tangan Jack. Sayang band tersebut kurang populer saat itu.

3. Kim Deal

Setelah tadi beberapa musisi didominasi oleh kaum pria, Kim Deal menambah daftar perempuan berprestasi yang berkiprah di dunia musik.

Mantan bassist sekaligus backup vocalist band rock alternatif Pixie ini memilih keluar setelah ia merasa terusik dengan keberadaan Black Francis.

Tanpa basa basi Deal memutuskan untuk keluar dan membentuk The Breeders. Sebagai bentuk tamparan untuk Francis, singel Cannonball dari The Breeders berada pada posisi kedua jauh di atas beberapa singel besutan Pixie.

4. Chris Cornell

Karier Cornell tidak begitu saja surut setelah meninggalkan Soundgarden.

Pada tahun 2000 mantan personel Rage Against The Machine membutuhkan penyanyi  sementara Cornell sedang tidak menjalin kerjasama dengan musisi manapun.

Melalui rekomendasi Rick Rubin, mereka kemudian bekerjasama dengan Cornell dan membentuk Audioslave.

Band ini kemudian merilis tiga album yang masuk dalam daftar 10 album terbaik di tahun 2006.

5. Jimmy Page

Page dikenal sangat piawai dalam memainkan gitar. Sebelum bergabung bersama Led Zeppelin, Page bermusik bersama The Yardbirs di awal tahun 1960an.

Di Yardbirds, Page bermain gitar ditemani Jeff Beck dan Eric Clapton.



 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA