Kotak Raup Rp9 Miliar dari Album Rock N' Love

Agustinus Shindu Alpito    •    01 Desember 2016 19:07 WIB
kotak band
Kotak Raup Rp9 Miliar dari Album Rock N' Love
Kotak (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kotak sukses meraih penghargaan 9 Platinum dari Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) untuk penjualan album Rock N' Love yang dirilis pada 2015.

Penghargaan Platinum saat ini memiliki pola hitung berbeda dari zaman penjualan fisik. Kali ini, ASIRI menetapkan Platinum berdasarkan nominal uang yang didapat dari penjualan album dan singel, baik secara fisik maupun digital.

"Karena medianya berubah, kalau dulu kita menghitung secara unit sekarang menghitung value-nya, total penjualan fisik dan digital. Karena terjadi konvergensi fisik ke digital. Kami menghitung 1 Platinum itu setara dengan Rp1 miliar, sedangkan 1 Gold itu setara dengan Rp500 juta. Kotak mendapat 9 Platinum, berarti Rp9 miliar," kata Ventha Lesmana, General Manager ASIRI, saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Kamis (1/12/2016).

Menurut Ventha, model perhitungan ini sudah lazim digunakan untuk memberi sertifikasi album musik.

"Di luar negeri juga seperti itu, cuma angkanya berbeda (penerapan berapa nominal untuk 1 Platinum). Penjualan fisik sudah turun, sekarang menghitungnya dari streaming, full track download.‎ Cara menghitungnya, share ke label berapa. Uang yang diterima label dari pejualan, itu yang kami hitung," ujarnya.

Ventha juga menjelaskan tidak semua album disertifikasi oleh ASIRI. Pihak ASIRI hanya mengeluarkan sertifikat atas permintaan dari musisi atau perusahaan rekaman.

"Sebelumnya ASIRI mengeluarkan Platinum untuk Raffi Ahmad ada 6 Platinum, dan Cakra Khan 5 Platinum. Itu semua di tahun ini. Tetapi bukan berarti band seperti Noah tidak mencapai angka penjualan yang menembus Platinum. Hanya saja pihak mereka tidak meminta ASIRI untuk melakukan sertifikasi," tutup Ventha.

Kotak merilis album studio penerus Rock N' Love pada Kamis (1/12/2016). Album bertajuk Long Live Kotak itu diharapkan para personel Kotak mampu mengulangi atau bahkan melebihi pencapaian album Rock N' Love.

"Kami bikin album enggak ada target apapun. Kami berkarya saja secara jujur, kepada Kerabat Kotak (sebutan untuk penggemar Kotak) kami berterimakasih banget, semoga album ini (Long Live Kotak) lebih dari 9 Platinum," tukas  Tantri Syalindri Ichalasari, vokalis Kotak.

 


(ELG)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

6 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA