Seperti Rahim Ibu, Kolaborasi Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab

Cecylia Rura    •    26 Mei 2018 19:26 WIB
najwa shihabefek rumah kaca bandsingel baru
Seperti Rahim Ibu, Kolaborasi Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab
Efek Rumah Kaca rilis Seperti Rahim Ibu bersama Najwa Shihab. (Foto: Dok. Efek Rumah Kaca)

Jakarta: Penikmat musik kini sudah dapat mendengarkan lagu kolaborasi Efek Rumah Kaca (ERK) dan Najwa Shihab, Seperti Rahim Ibu melalui platform digital. Sebelumnya, lagu ini ditulis Najwa Shihab khusus untuk program Mata Najwa sebagai soundtrack resmi sejak Februari 2018.

"Sejak awal punya cita-cita ingin memiliki original song yang cocok untuk menguatkan pesan.  Setelah Mata Najwa muncul kembali setelah jeda, langsung ingin menggunakan lagu ERK," ungkap Najwa Shihab melalui keterangan pers yang diterima Medcom.id, Sabtu 26 Mei 2018.

Jurnalis kelahiran Makassar ini mengaku jatuh hati pada lirik-lirik lagu ERK yang memiliki visi sama dengannya terkait isu-isu terkini di Indonesia.

"Sejak dulu merasa musik ERK dan lirik-lirik yang ditulis mereka, memiliki kepedulian terhadap berbagia isu-isu penting di negeri ini. Dan Mata Najwa betul-betul merasa pesan-pesan yang disampaikan lewat lagu-lagu ERK memiliki resonansi yang sama dengan apa yang selama ini disuarakan Mata Najwa seperti kepedulian pada isu-isu korupsi, toleransi, soal cinta negeri, hak asasi manusia. Jadinya klop banget dan bangga bisa mendapat lagu dari ERK," kata Najwa.


Cover Art Seperti Rahim Ibu oleh Dian Suci Rahmawati .


"Pesan apa yang ingin disampaikan dalam lagu ini adalah soal harapan dan bagaimana optimisme itu disemai. Berada di rahim itu dimulai dari sel-sel yang kemudian menyatu. Yang tadinya rapuh menjadi kuat," ungkap Najwa.

Vokalis ERK, Cholil Mahmud ikut selaras dengan pendapat Najwa. Lagu Seperti Rahim Ibu memberikan gagasan-gagasan baru bagi pendengar musik Indonesia.

"Sewaktu mendapat liriknya dan kami coba nyanyikan, rasanya cocok. Cuma memang ada sedikit pilihan-pilihan kata saja yang mesti disesuaikan," ujar Cholil yang membuat lagu ini di kota New York, domisilinya sekarang ini.

"Pertama kali kirim materi kasarnya hanya petikan gitar saja karena enggak punya alat rekam di sana untuk buat demo yang lebih menunjang. Respons Najwa saat itu merasa versi petikan gitar lebih mengena," tambahnya.

Pengerjaan aransemen sekaligus rekaman lagu dilakukan di studio di Jakarta pada Januari 2018.

Lagu Seperti Rahim Ibu pertama kali dibawakan ERK di Mata Najwa pada episode Novel Baswedan, Februari 2018.

ERK juga berkolaborasi dengan seniman asal Yogyakarta, Dian Suci Rahmawati yang mengerjakan sampul materi lagu sekaligus suvenir Seperti Rahim Ibu.

Lagu ini sudah dapat didengarkan melalui berbagai platform musik daring melalui link berikut.
Video lirik Seperti Rahim Ibu juga sudah dirilis sejak 24 Mei 2018 melalui platform YouTube.




 


(ELG)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

22 hours Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA