Rusuh Konser Metallica di Jakarta 1993

Hadir di TKP, Ayu Azhari Tak Menyadari Konser Metallica Rusuh

Nia Deviyana    •    10 April 2018 20:23 WIB
Rusuh Konser Metallica di Jakarta 1993
Hadir di TKP, Ayu Azhari Tak Menyadari Konser Metallica Rusuh
Ayu Azhari mengaku tak menyadari ada kerusuhan di konser Metallica pada 1993 (Foto: Antara/Teresia May)

Jakarta: Aktris cantik Ayu Azhari tak menyadari adanya kerusuhan konser musik band Metallica di stadion Lebak Bulus, Jakarta pada April 1993. Padahal, Ayu kala itu ada di lokasi konser menemani mendiang suaminya, Jodie Gondokusumo, penggawa Rotor yang tampil sebagai band pembuka band cadas itu. 

"Waktu Rotor main, saya ada di belakang panggung, suasananya biasa saja. Yang saya ingat, saya malahan dapat stick drum Metallica," kenang Ayu saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 10 April 2018.

Apa Penyebab Konser Metallica di Lebak Bulus Rusuh?

Saat pulang konser pun, Ayu berhasil selamat dari massa dan tidak merasa ada yang aneh.

"Mungkin karena penyelenggaranya profesional, jadi kita (artis) diarahkan lewat jalan yang aman. Saya sendiri enggak menyadari kalau ada kerusuhan. Ya, memang ada ribut-ribut, tetapi saya kira (waktu itu) ribut biasa," tambah aktris yang masih telihat awet  muda ini.

Kenangan Andre "Siksakubur" jadi Korban Kerusuhan Metallica


Lawan main Onky Alexander di Catatan Si Boy (1987) ini mengaku baru mengetahui kerusuhan tersebut beberapa hari pasca kejadian dari obrolan beberapa teman. 

Kenangan pahit dalam kerusuhan konser musik cadas band Metallica di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, telah memasuki usia seperempat abad. Hingga saat ini peristiwa itu menjadi sejarah tersendiri dalam perjalanan industri pertunjukan musik di Indonesia.

Perjuangan Jimi "The Upstairs" Tonton Konser Metallica 1993

Perhelatan yang menghadirkan grup cadas kelas dunia itu diselenggarakan oleh promotor  AIRO pimpinan Setiawan Djody. Setidaknya AIRO berani menggelontorkan Rp1,5 miliar untuk pertunjukan yang digelar selama dua hari itu.

Kenangan Lars Ulrich Metallica tentang Kerusuhan Lebak Bulus 1993

Perhelatan konser Metallica itu diadakan selama dua hari di akhir pekan pada Sabtu, 10 April 1993 dan Minggu, 11 April 1993 di berkapasitas 40 ribu penonton. Banyaknya massa dan fasilitas keamanan lokasi konser membuat stadion mudah ditembus dari berbagai sudut. 

 


(DEV)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

1 week Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA