Tangga Lagu Billboard

Ed Sheeran Dinobatkan sebagai Penyanyi Top Sepanjang 2017

Cecylia Rura    •    19 Desember 2017 12:43 WIB
ed sheeran
Ed Sheeran Dinobatkan sebagai Penyanyi Top Sepanjang 2017
Nama Ed Sheeran menempati posisi puncak kategori Top Artist tahun ini lewat album studio ketiganya Divide (division sign).

London: Menjelang akhir pekan di penghujung 2017, Billboard merilis grafik tangga lagu tahunan. Nama Ed Sheeran menempati posisi puncak kategori Top Artist tahun ini lewat album studio ketiganya Divide (division sign). Album Divide  juga pernah menduduki posisi puncak daftar tangga lagu Billboard 200 pada debutnya.

Capaian solois berusia 26 tahun tersebut meneruskan torehan prestasi George Michael sebagai musisi asal Inggris yang menempati posisi puncak di tangga lagu Billboard pada 1988. Singel Shape of You  andalan Ed juga menguasai daftar Top Billboard 100.

Sementara itu, Kendrick Lamar berhasil meraih posisi puncak dalam daftar Top Billboard 200 Album lewat album keempatnya DAMN. Album ini menempati posisi pertama dalam daftar Top R&B/Hip-Hop Albums yang juga menempati posisi sama dalam daftar Top Rap Albums.

Ini pertama kalinya Kendrick menempati posisi puncak kategori Top R&B/Hip-Hop Albums setelah sebelumnya hanya mampu bertahan dalam kategori 10 besar selama dua tahun.

Dalam daftar Top R&B/Hip-Hop Artist, nama Drake juga ada di daftar  melanjutkan prestasi sebelumnya yang menduduki posisi puncak dua kali berturu-turut. Pencapaiannya ini berkat commercial mixtape album More Life  yang menguasai daftar mingguan Top R&B/Hip-Hop Albums selama empat pekan. More Life  menjadi album pertama yang melampaui 375 juta kali permintaan untuk diputar lewat audio streaming dalam sepekan.

Imagine Dragons  menguasai daftar Top Rock Artist tahun ini, sementara untuk kategori album rock terbaik diduduki oleh Hardwired...To Self-Destruct  milik Metallica.

Duo DJ The Chainsmokers memetik hasil kerja kerasnya dengan menguasai daftar Top Dance/Electronic Artist. Hit singel mereka Something Just Like This  hasil kolaborasi dengan Coldplay, serta single Closer  hasil kolaborasi dengan Halsey menduduki posisi jawara dan runner-up dalam daftar Hot Dance/Electronic Songs akhir tahun.

Lalu Daddy Yankes menempati posisi puncak untuk kategori Top Latin Artist berkat beberapa hit yang menduduki posisi teratas dalam daftar Hot Latin Songs selama setahun. Termasuk di antaranya singel Despacito, duet singel bersama Luis Fonsi dan Justin Bieber.

Kemudian Sam Hunt menduduki posisi teratas dalam daftar Top Country Artist lewat singel Body Like a Back Road. Singel tersebut dirilis pada 2 Februari lalu dan menguasai tangga lagu Hot Country Songs sepanjang tahun ini.

Bangtan Boys atau dikenal BTS menduduki posisi jawara dalam daftar Top Social Artist.
 


(DEV)