Boni, Tokoh di Film Dokumenter Jalanan Sakit Keras

Purba Wirastama    •    23 April 2018 10:58 WIB
artis sakit
Boni, Tokoh di Film Dokumenter Jalanan Sakit Keras
Boni Putera dalam film Jalanan (Foto: YouTube Jalanan Movie)

Jakarta: Boni Putera, salah satu tokoh pengamen di film dokumenter Jalanan (karya Daniel Ziv), dikabarkan sakit keras. Vero, istrinya, menyebut Boni menderita penyakit komplikasi paru-paru yang gejalanya terlihat sejak tahun lalu.

Saat dihubungi Medcom.id lewat telepon, Vero bercerita bahwa Boni mengeluhkan sakit paru-paru sejak Vero tengah hamil dua pekan (sekitar Februari 2017). Kondisinya semakin parah dalam beberapa pekan terakhir, termasuk TBC.

Boni, yang kini sehari-hari bekerja sebagai pematung di Tangerang, sempat dirawat opname di Rumah Sakit PGI Cikini dan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih.

"Pertama dirawat di (RS) Cikini, empat hari. Terus dua minggu kemudian, semakin parah. Akhirnya aku minta rujukan ke RS Islam (Cempaka Putih), dirawat seminggu. Pulang kemarin," kata Vero, Minggu malam, 22 April 2018.

Menurut Vero, Boni kini terbaring istirahat di rumah saudara mereka di Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat supaya lebih dekat jika harus berobat. Badannya tampak lebih kurus dibanding saat menyusuri jalanan Jakarta di dokumenter Jalanan.


Kondisi terkini Boni (Foto: Vero)


Praktis, pekerjaan Boni sumber penghasilan keluarga harus berhenti dulu. Boni terdaftar sebagai pasien BPJS dan mendapat bantuan sebagian pengobatan tetapi terbatas. Dana untuk kebutuhan sehari-hari dan bolak-balik RS juga masih perlu bantuan. Pihak yang ingin memberi bantuan dapat menghubungi Vero di nomor 0878-7614-2586.

Boni adalah satu dari tiga pengamen muda humoris Jakarta yang diceritakan dalam film dokumenter Jalanan. Bersama Ho dan Titi, Boni mengajak penonton dokumenter ini menyusuri liku kehidupan keras mereka di Jakarta era 2010-an.

Sebelum dirilis di bioskop pada 2014, film yang digarap enam tahun ini berkeliling sejumlah festival dan program pemutaran khusus. Dalam Busan International Film Festival 2013, film ini meraih penghargaan sebagai dokumenter terbaik.




 
(ASA)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

3 days Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA