Cerita Bos Spotify Berhasil Bujuk Taylor Swift

Cecylia Rura    •    04 April 2018 17:14 WIB
taylor swiftspotify
Cerita Bos Spotify Berhasil Bujuk Taylor Swift
Taylor Swift (Foto: gettyimages)

Jakarta: Co-founder sekaligus CEO layanan streaming Spotify Daniel Ek telah meyakinkan Taylor Swift untuk kembali merilis karya lagunya melalui Spotify.

Taylor Swift sempat memutuskan untuk menarik seluruh karya musiknya dari layanan streaming Spotify pada 2014 lalu. Ia kemudian kembali mengandalkan layanan streaming Spotify tahun lalu dan berterima kasih kepada para penggemar karena album 1989 berhasil terjual 10 juta kopi.

Pro dan kontra dimulai ketika pelantun Bad Blood tersebut mengatakan musik seharusnya tidak serta merta gratis.

Setelah Spotify memberlakukan peraturan ketat dan mengukuhkan diri sebagai Spotify Technology (SPOT), Daniel Ek menceritakan kepada CBS This Morning bagaimana ia membujuk Taylor Swift kembali mengandalkan layanan streaming.

"Aku seharusnya bisa mengomunikasikan hal ini lebih baik, maka aku mengambil seluruh kepemilikan untuk itu," ungkap Daniel.

"Aku pergi ke Nashville beberapa kali dan berbicara dengan tim Taylor Swift, menjelaskan pada mereka terkait model kerja Spotify dan mengapa streaming penting. Kabar baiknya, aku pikir dia (Swift) telah melihat bagaimana streaming bertumbuh."

"Aku rasa dia telah melihat para penggemar memintanya. Ketika album baru keluar, Swift dalam ke Stockholm dan menghabiskan waktu di sana, melihat bagaimana streaming bekerja untuk karya musiknya," imbuh Daniel.

Melansir NME, Daniel kini tengah memperjuangkan agar karya para seniman bisa digunakan sebagai tonggak pencari nafkah dan bisa menjadi ruang bisnis besar di industri musik.

Misi lain dari Spotify adalah untuk mendeteksi pelaku seni potensial yang dapat bersinergi dengan para penggemar melalui layanan streaming.

"Kami berpindah dari industri musik yang mempersilakan pengguna dari kegiatan pengalaman bertransaksi karya musik beralih ke model layanan akses yang mempersilakan pengguna mendengarkan musik sesuai permintaan melalui streaming," kata Daniel.

 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

6 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA