Yockie Suryoprayogo Ingin Berkolaborasi dengan Mondo Gascaro dan Glenn Fredly

Agustinus Shindu Alpito    •    12 Oktober 2017 13:17 WIB
yockie suryoprayogo
Yockie Suryoprayogo Ingin Berkolaborasi dengan Mondo Gascaro dan Glenn Fredly
Yockie Suryoprayogo (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bicara musik populer Indonesia era 1970-an hingga 1980-an tidak lepas dari peran penting Yockie Suryoprayogo.

Mantan keyboardist God Bless itu baru saja menggelar konser bertajuk Menjilat Matahari, pada Rabu (11/10/2017) di The Pallas, SCBD, Jakarta. Ditemui usai konser, Yockie membeberkan rencana untuk membuat album baru.

“Membuat album itu kewajiban, bukan rencana. Saya dituntut untuk menghasilkan karya hari ini, bukan karya tahun 70-an dan 80-an lagi. Saya sekarang mulai menjajaki pergaulan dengan generasi hari ini, bayangan saya itu bisa bekerjasama dengan Mondo Gascaro dan Glenn Fredly, mereka orang-orang musikal. Saya punya peluang untuk bisa berkolaborasi tetapi waktunya belum ketemu. Doakan saja,” ujar Yockie.

Dalam kesempatan sama, Yockie optimis jika kolaborasi antara seniman dan pemodal dapat berjalan selaras, dunia musik Indonesia dapat lebih dilirik oleh mata dunia. Terlebih dia yakin dengan sumber daya manusia bidang musik di Indonesia.

“Saya optimis melihat anak sekarang bakatnya ada beberapa yang di luar jangkauan saya, melakukan lompatan waktu yang luar biasa. Cuma masalahnya mereka belum punya panduan harus berangkat dari mana. Mereka seolah mengabaikan masalah kultural tidak penting. Ini perlu dielaborasi, saya setuju soal universal, tetapi kultur dan budaya tidak bisa universal. Budaya itu karakter.”

Yockie Suryoprayogo: Kita Mulai Krisis Norma

“Seharusnya kita memberikan kesempatan untuk produser dan seniman untuk punya ruang berkeskpresi. Hambatan kita kan ekonomi, anak-anak muda dari indie label kan hambatannya biaya, harus ada campur tangan dari stakeholder dan pengusaha agar mereka yang indie tidak terhambat soal ekonomi. Sekarang kita seolah-olah diadu oleh orang yang punya duit,” lanjut Yockie.

Saat ini, Yockie berusia 63 tahun. Selain sempat aktif bersama God Bless, Yockie juga sosok yang memiliki andil terhadap musik Chrisye dan album kompilasi terpopuler era 1970-an, Lomba Cipta Lagu Remaja.

Foto-Foto Konser Menjilat Matahari

Dalam konser Menjilat Matahari, Yockie melibatkan sejumlah musisi senior untuk tampil bersama di atas panggung, di antaranya Edi Kemput (gitaris) dan Rere (drummer) dari Grass Rock, Toto Tewel, Nicky Astria dan juga Setiawan Djody untuk tampil pada nomor-nomor Kantata Takwa dan Iwan Fals. Yockie juga mengonfirmasi bahwa ada kemungkinan konser ini digelar di kota-kota lain, namun dia belum menjelaskan secara rinci soal waktu dan tempat.


 
(ELG)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA