Karna Su Sayang, Lagu Indonesia Terpopuler di Google 2018

Purba Wirastama    •    13 Desember 2018 13:42 WIB
googlemusik indonesia
Karna Su Sayang, Lagu Indonesia Terpopuler di Google 2018
Video lirik Karna Su Sayang (Foto: youtube fenomenear)

Jakarta: Google merilis laporan akhir tahun daftar pencarian paling populer di internet sepanjang 2018. Untuk kategori Lagu, Karna Su Sayang adalah judul lagu paling dicari oleh para pengguna Google Search di Indonesia, melampaui Deen Assalam dari Sabyan dan Perfect dari Ed Sheeran.

Karna Su Sayang adalah lagu pop dari musisi asal Maumere bernama alias Near atau Fenomenear yang berkolaborasi dengan penyanyi Dian Sorowea. Liriknya berbahasa campuran Melayu-Papua dan memuat ungkapan hati perempuan kepada kekasihnya, bahwa dia tidak akan pindah ke lain hati dan sang kekasih tak perlu khawatir.

Lagu ini dirilis perdana sebagai video lirik di YouTube pada 24 Juli 2018 dan mencapai popularitas dalam kurun waktu tiga bulan. Puncak tren pencarian Karna Su Sayang, baik di Google Search maupun YouTube, adalah pada pekan keempat Oktober 2018. Lagunya dirilis sejumlah platform digital pada 23 Oktober 2018.

Trennya menurun tetapi masih berada di atas rata-rata hingga pertengahan Desember. Video liriknya di YouTube telah ditonton lebih dari 79 juta kali. Lagu ini juga dinyanyikan ulang oleh Dian bersama duo akustik Aviwkila dan dirilis secara digital pada November.

Sementara itu, kata pencarian terpopuler lain di Google dalam kategori Lagu didominasi oleh lagu-lagu dalam negeri. Pada peringkat kedua, ada Deen Assalam dari Sabyan, disusul Meraih Bintang dari Via Vallen, Lagi Syantik dari Siti Badriah, dan Bukti dari Virgoun.

Lalu ada Menunggu Kamu dari Anji, Jaran Goyang dari Nella Kharisma, serta Korban Janji yang dipopulerkan sejumlah musisi dangdut termasuk Eny Sagita. Perfect dari Ed Sheeran dan Havana dari Camila Cabello juga masuk 10 besar pencarian terpopuler.


 


(ELG)