Kunto Aji Bicara Kesehatan Mental di Album Kedua

Agustinus Shindu Alpito    •    24 November 2017 11:59 WIB
kunto aji
Kunto Aji Bicara Kesehatan Mental di Album Kedua
Kunto Aji (Foto: dok. kuntoaji)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika pada album debut Generation Y, Kunto Aji mengangkat fenomena generasi milenial, namun pada album kedua penyanyi asal Yogyakarta itu mencoba menggali isu yang lebih personal.

Ditemui dalam jumpa pers peluncuran singel Konon Katanya di kantor Juni Records, Jakarta Selatan, pada Kamis (23/11/2017), Kunto membocorkan bahwa album kedua dirinya akan bicara tentang kesehatan mental.

Masalah kesehatan mental kerap diabaikan, padahal memiliki dampak serius. Kunto tidak menerjemahkan tema ini secara mentah-mentah, melainkan menarik beberapa peristiwa sehari-hari yang terkait dengan tema besar ini. Menurutnya, kesehatan mental pada era saat ini bisa saja diakibatkan oleh candu media sosial yang membuat kita lupa untuk memenuhi kebutuhan sosial seacara nyata.

Selain itu, Kunto juga melihat ke dalam dirinya tentang apa yang terjadi terkait tema ini.

“Anggota keluarga gue ada yang sampai ke psikolog. Depresi itu dampaknya ke fisik, ada gejala-gejala fisik yang menandakan seorang depresi. Gue sendiri sedang dalam proses untuk bertemu dengan psikolog yang biasa menangani kelaurga gue, makanya gue bilang ini isu personal,” ujar Kunto.

Kunto belum membocorkan judul album kedua, namun dia memastikan album itu akan selesai dan dirilis pada kwartal pertama 2018.

Dari segi musikalitas, Kunto melakukan beberapa eksplorasi meski tetap mengusung genre pop sebagai garis besar. Dia mengajak sejumlah produser sekaligus dalam membesut album kedua, yaitu Bam Mastro (Elephant Kind), Petra Sihombing, Uga Swastadi, Anka Diav dan Galih Prianda.


(ELG)