Menghabiskan Minggu di Kepencet Music Festival

Agustinus Shindu Alpito    •    28 Agustus 2017 08:51 WIB
kepencet music festival
Menghabiskan Minggu di Kepencet Music Festival
David "Naif" menyapa penonton Kepencet Musik Festival (Foto: Metrotvnews.com/Agustinus Shindu Alpito)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewasa ini banyak bermunculan festival musik yang berupaya menarik penonton dengan masing-masing keunikan dan karakternya. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Kepencet Music Festival (KMF). Selain memiliki nama yang unik, festival musik ini mengusung konsep ramah lingkungan dan menjadi arena pertemuan antara kultur musik elektronik dan musik alternatif.

Digelar selama dua hari, 26-27 Agustus 2017 di Gudang Sarinah Ekosistem, Jakarta, KMF mampu menjaring ribuan penonton. Dari venue yang mereka siapkan, tampaknya penyelenggara ingin membuat acara musik yang intim dan akrab dengan penonton. Selain menyuguhkan musik, terdapat pula area mural dan bazzar yang menjual berbagai kuliner, aksesori, hingga busana dengan harga terjangkau.

Menemukan aneka sajian kuliner dengan harga terjangkau di sebuah festival musik yang belakangan tumbuh di Jakarta adalah sebuah hal yang menyenangkan.

Di hari terakhir penyelenggaraan KMF 2017, Metrotvnews.com  berkesempatan menyaksikan aksi panggung sejumlah musisi. Antara lain musisi hip-hop yang tengah naik daun, Ariel Nayaka, Stars and Rabbit, kolektif elektronik Cul de Sac, Rama Satria x Halim Ardie, Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR), dan Naif.


(Foto: Metrotvnews.com/Agustinus Shindu Alpito)

Tampil di panggung luar ruangan Ariel Nayaka mengajak serta salah satu kolaboratornya, BAP. Mereka membawakan singel baru, Payment.  


(Foto: Metrotvnews.com/Agustinus Shindu Alpito)

Sementara di panggung utama yang ditempatkan di dalam ruangan, Rama Satria tampil bersama Halim Ardie. Kolaborasi ini unik mengingat keduanya berasal dari genre yang cukup jauh berbeda. Kolaborasi ini terdengar didominasi oleh Halim Ardie. Raungan gitar Rama hanya sesekali mencuri perhatian di tengah gempuran suara yang keluar dari mesin musik elektronik yang dikendalikan Halim Ardie.


(Foto: Metrotvnews.com/Agustinus Shindu Alpito)

Konsentrasi penonton mulai terpusat di panggung utama ketika OM PMR tampil. Dari sederet penampilan OM PMR yang pernah Metrotvnews.com  saksikan, kesimpulannya adalah mereka selalu sukses membuat suasana festival atau konser cair. OM PMR tidak pernah gagal membuat penonton larut berjoget dengan lagu-lagu humor mereka.


(Foto: Metrotvnews.com/Agustinus Shindu Alpito)

Percakapan spontan para personel OM PMR di atas panggung pun juga menarik untuk diikuti, dan pasti mengundang tawa.

“Saya punya kabar baik, musik itu enggak haram!” pekik Jhonny Iskandar alias Jhonny Madu Matikutu, di sela-sela penampilan OM PMR.

Area panggung utama KMF 2017 mendadak jadi arena joget yang riang. Bahkan beberapa penonton secara spontan berbaris dengan memegang pundak orang yang di depannya, kemudian berkeliling venue, seperti anak-anak bermain kereta-keretaan. Mereka tampak riang menyanyikan lagu-lagu OM PMR sembari menerobos kerumunan penonton yang sedang bergoyang.



Sebagai sajian penutup, tampil Naif di panggung utama dan NEO di panggung luar ruangan. Naif berhasil mempertahankan keseruan arena panggung utama yang sebelumnya telah dipanaskan oleh OM PMR.

As usual, Naif manggung tanpa set list,” kata David, vokalis Naif.


(Foto: Metrotvnews.com/Agustinus Shindu Alpito)

Naif memang menjadikan “tanpa set list” sebagai jurus untuk menjalin komunikasi dengan penonton. David selalu bertanya kepada penonton lagu apa yang mereka inginkan. Pengalaman dan kematangan Naif sebagai sebuah band membuat penampilan mereka selalu padu dan kompak menghadapi berbagai spontanitas di atas panggung.


(Foto: Metrotvnews.com/Agustinus Shindu Alpito)

Naif membuat penonton terus bernyanyi lantang sepanjang penampilannya. Beberapa lagu yang dibawakan antara lain Jikalau, Itulah Cinta, Buta Hati, Piknik 72’, Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada Di Seluruh Dunia, dan Curi Curi Pandang.

Sebagai acara debut, terlebih di tengah maraknya festival musik skala akbar maupun berbasis komunitas yang bermunculam, KMF 2017 menjanjikan suguhan musik dengan kemasan yang baik dan menarik. Sampai jumpa pada penyelenggaraan KMF selanjutnya!
 
(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA